Tips Mengatasi Gila Belanja saat Promo Belanja Online

    Home/Tips & Trik / Tips Mengatasi Gila Belanja saat Promo Belanja Online
Tips Mengatasi Gila Belanja saat Promo Belanja Online

Tips Mengatasi Gila Belanja saat Promo Belanja Online

admin

Penuhnya tab browser dengan list belanjaan, surel yang penuh promosi hingga dihafal oleh kurir menjadi beberapa ciri kecanduan belanja online. Sejumlah orang bahkan bisa menghabiskan nominal jutaan rupiah dalam sekali belanja. Yang lebih parah, tagihan kartu kredit pun membengkak tanpa disadari. Karenanya, Anda butuh tips mengatasi gila belanja saat promo belanja online.

Melakukan belanja secara online sudah menjadi gaya hidup bagi sejumlah orang di masa kini. Kemudahan transaksi, beragamnya jenis barang serta hematnya waktu membuat kebiasaan ini perlahan menjadi candu bagi sejumlah orang.

Jika masih dalam taraf wajar, belanja online bukanlah hal yang patut dihindari. Tapi bagaimana jika yang anda alami adalah candu atau gila belanja? Tentu akan merugikan bagi Anda sendiri.

Berikut ini beberapa tips sederhana bagi Anda untuk mengendalikan candu belanja karena tawaran promo belanja online yang menggiurkan.

Unsubscribe Semua Promosi

Promo belanja online biasanya ditawarkan melalui email, SMS bahkan iklan lewat yang dapat Anda temui saat berselancar di dunia maya. Jika terlanjur pernah mendaftarkan email Anda, maka ini saat untuk meng-unsubscribe-nya. Jangan heran jika setelah ini ponsel atau email Anda akan lebih sepi dan tampak longgar.

Blokir Akses Situs Belanja

Jika Anda terbiasa berbelanja secara online di situs belanja, maka kini Anda harus tegas untuk melakukan pemblokiran. Lakukan pada semua gawai yang Anda miliki, seperti telepon seluler pintar, laptop, tablet bahkan komputer kantor jika memang diperlukan. Blokir semua hal yang bisa memancing Anda untuk kembali tertarik melakukan belanja secara online.

Hapus Aplikasi Belanja pada Gawai

Salah satu kemudahan belanja secara online adalah aplikasi yang bisa dipasang pada gawai Anda. Jadi, ini saatnya untuk menghapus semua jenis aplikasi yang berhubungan dengan belanja secara online. Tanpa Anda sadari, ponsel akan menjadi lebih longgar dan ringan.

Kendalikan Pikiran

Jika ketiga tips di atas berhubungan dengan benda-benda di sekitar Anda, maka kali ini Anda sendirilah yang harus mengendalikan diri. Ada banyak alasan Anda untuk melakukan belanja secara online. Jadi, cari dan temukan alasan agar Anda berhenti belanja secara online. Paksa diri Anda secara sadar untuk berhenti berbelanja kecuali hal-hal penting yang memang benar-benar dibutuhkan. Kalau perlu, biasakanlah kembali melakukan belanja secara offline. Ini bisa membantu Anda mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan belanja secara online.

Selain dari diri sendiri, pengendalian ini juga bisa dibantu oleh orang-orang di sekitar Anda. Hindari sesama pecinta belanja online dan bergaullah dengan orang-orang yang tidak suka belanja online. Anda juga bisa minta bantuan mereka untuk mengingatkan jika Anda kembali tergoda untuk belanja secara online.

Kalau Perlu, Hubungi Psikolog

Kecanduan belanja yang parah bisa berhubungan dengan keadaan psikologi Anda. Jika terlanjur terlalu parah, Anda bisa menghubungi dan berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Demikian tips mengatasi kacanduan belanja online. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *