Cek Lagi Info Harga, Jangan Sampai Kalap Berbelanja

    HomeInfo Harga Cek Lagi Info Harga, Jangan Sampai Kalap Berbelanja

Cek Lagi Info Harga, Jangan Sampai Kalap Berbelanja

admin

Hari Idul Fitri atau Lebaran yang makin dekat tanpa sadar memicu orang untuk berbelanja. Jumlah barang belanjaan pun meningkat tajam. Orang rela mengeluarkan berapapun uang untuk menyemarakkan hari istimewa itu. Meski begitu, Anda tetap harus cek lagi info harga, jangan sampai kalap berbelanja.

Pengeluaran yang membengkak menjelang lebaran bisa jadi membuat jatah THR langsung habis seketiga. Aneka kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu penting akhirnya dibeli. Karena ingin tampil mewah, tidak jarang orang mengabaikan info harga barang dan langsung membayarnya di kasir.

Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan agar tidak kalap berbelanja menjelang Lebaran.

Berbelanja Sesuai Kebutuhan

Barang-barang yang dibeli hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan. Susun daftar belanjaan apa saja yang harus dibeli dan tidak wajib dibeli. Jangan sampai karena terlalu asyik berbelanja Anda justru lupa barang pokok yang seharusnya dibeli dan justru mengumpulkan barang-barang kurang penting. Pastikan juga jumlah baran-barang pokok ini cukup digunakan selama Ramadhan dan libur Lebaran pada saat Anda tidak sempat berbelanja lagi.

Jangan Mudah Tergoda Diskon

Diskon harga yang ditawarkan menjelang Lebaran terkadang memang gila-gilaan. Tapi, Anda juga harus hati-hati dan jangan tergoda. Idealnya, barang yang dijual memang benar-benar dipotong harganya dan bukan dinaikkan terlebih dahulu baru kemudian memberi diskon.

Godaan diskon memang paling sulit untuk dihindari. Terutama untuk produk-produk fashion, gadget dan perlengkapan rumah tangga. Bijaklah memilih barang diskon. Jangan sampai tergiur diskon tetapi Anda mengabaikan juga kualitas barang yang dibeli.

Cek Keadaan Barang

Karena banyaknya barang, kadang Anda tidak teliti terhadap mutu dan keadaan barang. Cek sekali lagi apakah barang masih dalam keadaan tersegel atau sudah rusak kemasannya. Perhatikan pula masa kadaluarsa atau masa pakai produk, terutama makanan dan minuman.

Kerugian akibat tidak teliti terhadap barang yang dibeli paling banyak dialami konsumen. Selain uang yang terpakai tanpa guna, belanjaan berupa makanan atau minuman kadaluarsa juga akan terbuang sia-sia.

Susun Perencanaan Belanja dengan Matang

Berbelanja kebutuhan pokok akan berbeda dengan berbelanja kebutuhan Ramadhan dan Lebaran. Sebelum berbelanja, sebaiknya Anda membuat perencanaan secara matang tentang barang-barang apa yang dibutuhkan dan wajib untuk dibeli.

Jangan sampai uang sudah habis tetapi kebutuhan pokok justru belum terpenuhi.

Demikian tadi tips belanja selama Ramadhan agar tidak kalap berbelanja. Selamat berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *