Jangan Tergiur Diskon Belanja, Pahami Tips Pengelolaan Keuangan Akhir Ramadhan

    Home/Tips & Trik / Jangan Tergiur Diskon Belanja, Pahami Tips Pengelolaan Keuangan Akhir Ramadhan
Jangan Tergiur Diskon Belanja, Pahami Tips Pengelolaan Keuangan Akhir Ramadhan

Jangan Tergiur Diskon Belanja, Pahami Tips Pengelolaan Keuangan Akhir Ramadhan

admin

Berbeda dari biasanya, Lebaran tahun ini bertepatan juga dengan momen libur panjang bagi anak-anak bersekolah. Meski ini tidak berlaku bagi para pekerja ataupun karyawan. Tapi liburan yang disambung Lebaran jadi salah satu alasan naiknya pengeluaran. Karenanya, hati-hati! Jangan tergiur diskon belanja, pahami tips pengelolaan keuangan akhir Ramadhan.

Selain identik dengan belanja, akhir Ramadhan juga identik dengan diskon belanja yang menggila. Sayangnya, tidak semua diskon benar-benar memberikan keuntungan bagi konsumen. Kalau tidak jeli, bisa jadi Anda justru akan jadi korban diskon berlimpah ini.

Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan agar keuangan di akhir Ramadhan hingga Lebaran nanti bisa tetap aman dan mencukupi.

Buat Rancangan Sederhana

Untuk menghadapi kebutuhan akhir Ramadhan yang kian membengkak, ada baiknya Anda membuat rancangan terlebih dahulu. Dengan begini, Anda bisa memperkirakan berapa banyak uang yang akan Anda butuhkan hingga akhir bulan. Selain itu, dengan rancangan Anda juga bisa melakukan penghematan sekaligus menghapus pengeluaran yang tidak terlalu penting untuk membuat keuangan Anda tetap aman nantinya.

Manfaatkan Bazaar Ramadhan

Ingin membeli kebutuhan pokok atau sandang dengan harga yang relatif lebih murah? Selain diskon belanja, Anda juga bisa memanfaatkan bazaar Ramadhan yang diselenggarakan di sekitar tempat tinggal maupun tempat kerja. Selain harga yang ditawarkan cukup terjangka, tempat bazaar juga biasanya tidak terlalu jauh dari tempat kerja atau tempat tinggal. Ini juga bisa jadi salah satu cara penghematan keuangan.

Manfaatkan Promo Belanja

Selain bazaar Ramadhan, belanja murah juga bisa Anda lakukan lewat promo belanja yang ditawarkan sejumlah pusat perbelanjaan ataupun situs belanja online. Karena kebanyakan promo tersebut dapat dinikmati dengan menggunakan kartu kredit, pastikan kartu kredit Anda siap untuk digunakan saat transaksi.

Atur THR dengan Baik

Tunjangan hari raya (THR) adalah nominal ‘bonus’ yang biasanya Anda dapatkan sebelum hari raya tiba. Karenanya, manfaatkan ini untuk memenuhi kebutuhan Lebaran, bukan untuk memenuhi kebutuhan harian. Bijaklah dalam mengatur pengeluaran THR. Jangan sampai THR keburu habis karena Anda terlalu asyik berbelanja barang diskon.

Usahakan Jangan Sampai Meminjam Uang

Jika terpaksa kebutuhan lebih banyak dibanding uang yang Anda miliki, salah satu solusinya adalah meminjam uang. Tetapi jika bisa, sebaiknya hindari pilihan satu ini. Karenanya Anda akan memiliki tanggungan pembayaran kembali nanti setelah lebaran yang tentunya juga akan mengurangi nominal gaji normal yang Anda terima. Jangan sampai setelah Lebaran nanti, Anda justru harus pusing mencari cara mengembalikan uang pinjaman. Sesuaikan kebutuhan dengan uang yang Anda miliki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *