Meski Diskon Murah Menggoda, 5 Tips Berikut Bisa Membantu Belanja Super Hemat

    Home/Tips & Trik / Meski Diskon Murah Menggoda, 5 Tips Berikut Bisa Membantu Belanja Super Hemat
Meski Diskon Murah Menggoda, 5 Tips Berikut Bisa Membantu Belanja Super Hemat

Meski Diskon Murah Menggoda, 5 Tips Berikut Bisa Membantu Belanja Super Hemat

admin

Karena kalap berbelanja, kadangkala pengeluaran jadi tidak terkendali. Apalagi dalam situasi yang berbeda dari hari biasa, seperti adanya momen Lebaran. Padahal kebutuhan yang makin meningkat tidak bisa dihindari lagi. Diskon yang ditawarkan pun tidak selalu banyak membantu jika Anda tidak cerdas mengelolanya. Meski diskon murah menggoda, 5 tips berikut bisa membantu belanja super hemat bagi Anda menjelang Lebaran kali ini. Cek ulasannya berikut ini.

 Jangan Pernah Berbelanja Saat Lapar dan Lelah

Lapar dan lelah memang tidak ada hubungan secara langsung dengan keinginan berbelanja. Tapi jika Anda memaksakan diri untuk tetap berbelanja dalam keadaan lapar dan lelah, bisa jadi Anda akan terus berjalan di lorong supermarket sambil mengambil barang apapun. Ini adalah reaksi biasa yang Anda lakukan untuk menghindari lapar dan lelah saat itu. Tidak jarang, Anda justru membeli barang yang pada akhirnya tidak akan dimakan.

Pada kesempatan lain, lapar dan lelah juga akan membuat otak enggan berpikir panjang. Akibatnya, tanpa memikirkan penting atau tidaknya suatu barang atau murah dan mahalnya, Anda akan langsung saja mengambil keputusan untuk membeli. Jadi, hindari sebisa mungkin berbelanja saat keadaan lapar atau lelah.

Susun Daftar Belanjaan

Trik menyusun daftar belanjaan memang selalu ada dan sudah terbukti paling sukses menahan hasrat berbelanja. Setelah membuat daftar barang apa saja yang akan Anda beli sesuai prioritas, sesuaikan juga dengan alokasi dana yang Anda miliki. Ambil barang-barang yang memang ada dalama daftar list belanjaan tadi kemudian coret yang sudah dibeli. Paksa dan yakinkan diri Anda untuk tidak mengambil barang yang tidak ada dalam list barang belanjaan.

Bawa Uang Secukupnya Saja, Tinggalkan kartu kredit/debit di rumah

Selain membuat daftar belanjaan, membawa uang secukupnya saja juga bisa jadi cara cerdas untuk belanja hemat. Dengan uang yang terbatas, tentu Anda juga akan mengambil barang-barang yang memang ada dalam list belanja saja.

Selain uang yang terbatas, kalau perlu tinggalkan juga kartu kredit atau debit di rumah. Sama seperti uang yang terbatas, dengan tidak adanya kartu kredit/debit bisa mengerem Anda dari berbelanja secara berlebihan.

Belajar Masak Praktis

Selain hemat saat berbelanja, hemat juga bisa dilakukan dengan memasak di rumah. Dengan memasak di rumah, akan lebih hemat dibandingkan makan di luar. Karena itu, Anda perlu belajar memasak praktis agar dapat dilakukan dengan cepat meski Anda hanya memiliki waktu terbatas.

Sedia Telur di Rumah

Siapa tidak kenal bahan makanan satu ini. Telur yang masih baik akan tahan lebih lama dibandingkan sayur. Selain itu harganya relatif terjangkau dan tetap bergizi. Bahan satu ini juga bisa diolah menjadi beragam jenis makanan dengan mudah dan praktis.

Demikian tadi beberapa tips berbelanja secara hemat dan murah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *