Meski Ada Diskon Murah, 4 Kebiasaan Belanja Berikut Ternyata Membuat Tagihan Kartu Kredit Bengkak

    HomeInfo Diskon Meski Ada Diskon Murah, 4 Kebiasaan Belanja Berikut Ternyata Membuat Tagihan Kartu Kredit Bengkak

Meski Ada Diskon Murah, 4 Kebiasaan Belanja Berikut Ternyata Membuat Tagihan Kartu Kredit Bengkak

admin

Berbelanja menggunakan kartu kredit memang mudah dan leluasa digunakan. Fitur seperti cicilan 0%, diskon maupun cashback biasanya ditawarkan untuk menarik minat konsumen. Meski ada diskon murah, 4 kebiasaan belanja berikut ternyata membuat tagihan kartu kredit bengkak.

Membengkaknya tagihan kartu kredit pada akhirnya bukan membuat Anda lebih hemat, tapi justru makin boros. Cek kebiasaan buruk berikut dan hindari agar tagihan kartu kredit Anda tidak bengkak.

Berbelanja Saat Stress dan Lapar

Bagi sebagian orang, berbelanja adalah salah satu cara mengatasi stress. Yang jadi masalah, saat stress atau lapar Anda justru semakin serakah dalam berbelanja. Kurangnya pertimbangan membuat Anda dengan mudah menggunakan kartu kredit untuk membayar belanjaan. Jika stress, solusinya adalah alihkan perhatian dengan mencari teman yang bisa diajak diskusi atau melakukan kegiatan bermanfaat lain seperti olahraga. Sementara, hindari dulu berbelanja agar tidak terjebak dalam tagihan kartu kredit.

Berbelanja Agar Dikira Kaya

Belanja tidak selalu karena butuh. Kebutuhan untuk eksis dan pamer kadang jadi alasan sebagian orang utnuk berbelanja. Jika Anda berbelanja hanya karena ingin pamer dan dikira kaya hingga menggunakan kartu kredit berlebih, maka jangan heran jika tagihan kartu kredit Anda nantinya makin mencekik.

Berburu Point atau Voucher Hadiah

Saat berbelanja secara online, beberapa toko online akan memberikan poin sesuai transaksi yang Anda lakukan. Sebenarnya, poin ini bisa digunakan untuk melakukan penghematan. Tetapi jika hanya berburu poin dan membeli barang-barang yang tidak benar-benar dibutuhkan, bisa jadi tanpa sadar Anda akan menumpuk tagihan kartu kredit nantinya.

Belanja sesuai kebutuhan, tapiā€¦

Sebenarnya, Anda sudah berbelanja secara normal, tapi ternyata tagihan kartu kredit tetap besar. Kenapa bisa demikian? Sebaiknya anda cek sekali lagi apakah pelunasan yang Anda lakukan hanya pembayaran minimum saja atau tidak, yang biasanya sekitar 10% agar kartu kredit tetap aktif. Jika ini yang terjadi, sebagai gantinya Anda akan dikenai beban bunga atas nilai transaksi yang belum lunas. Hasilnya, akan semakin banyak juga beban bunga yang Anda tanggung. Jadi, cek dan pastikan sekali lagi mekanisme pelunasan ini dengan bank terkait yang mengelola kartu kredit Anda.

Demikian tadi 4 kebiasaan berbelanja yang ternyata bisa membuat tagihan kartu kredit membengkak meski diskon murah banyak beredar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *