Tips Berikan Promo Belanja Menggunakan Souvenir

    Home/Tips & Trik / Tips Berikan Promo Belanja Menggunakan Souvenir
Tips Berikan Promo Belanja Menggunakan Souvenir

Tips Berikan Promo Belanja Menggunakan Souvenir

admin

Di dalam dunia marketing, pasti Anda mengenal sebuah media promosi yang disebut dengan souvenir. Souvenir ini merupakan produk khusus yang diberikan pada konsumen dengan tujuan untuk hadiah dalam promosi bisnis. Bentuk dari souvenir ini sangatlah beragam bisa dari kaos, barang atau barang lainnya yang terkait dengan bisnis pengusung. Hingga sekarang ini, strategi memberikan souvenir masih sebagai media yang begitu efektif, bahkan tidak jarang konsumen membeli berbagai macam produk karena ingin mendapatkan hadiah tambahan. Selain dapat dimanfaatkan kadang souvenir bisa menjadi kebanggaan konsumen. Inilah kekuatan dibalik pemberian promo belanja menggunakan souvenir.

Agar proses promosi berjalan dengan maksimal, ada berbagai macam tips yang harus Anda jalankan. Pertama, Anda harus menyesuaikan souvenir yang akan Anda berikan dengan target pasar yang akan Anda bidik. Dengan mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh calon konsumen, kita bisa memberikan souvenir yang benar-benar berfungsi dengan maksimal ke konsumen. Contohnya saja, Anda memiliki produk peralatan dapur, sudah pasti target konsumen yang Anda tuju adalah wanita atau para ibu rumah tangga. Souvenir yang bisa Anda berikan untuk mereka yang paling tepat bisa seperti gelas dan piring.

Kedua, jangan pernah melupakan anggaran promo belanja yang Anda lakukan. Bila dibandingkan dengan media konvensional yang lainnya seperti membagikan brosur, memang promosi menggunakan souvenir ini lebih banyak menyedot anggaran. Oleh sebab itu Anda harus mempertimbangkan anggaran yang sudah Anda siapkan untuk memberikan souvenir ini. jangan sampai Anggaran Anda mengalami pembengkakan dan tidak mencukupi untuk kebutuhan yang lainnya. Namun, di sisi yang lain Anda juga tidak boleh secara setengah-setengah dalam menjalaninya. Jangan hanya karena faktor penghematan, Anda memilih souvenir yang kurang baik. Nantinya hal tersebut malah bisa menjadi boomerang untuk bisnis yang sedang Anda jalankan. Apabila Anda begitu memperhatikan keuangan, Anda dapat memberikan persyaratan khusus untuk pemberian souvenir.

Ketiga, pilih souvenir yang sesuai dengan event khusus. Jika ingin menggunakan promosi melalui pemberian souvenir di setiap pembelian produk, jangan lupa menyesuaikannya dengan event yang sedang Anda jalankan. Anda boleh saja membagikan souvenir ini dalam wujud berbeda untuk setiap event, namun sesuaikan dengan event yang sedang berjalan. Contohnya sekarang ini sedang musim tahun ajaran baru, Anda dapat memberikan buku untuk setiap pembelian produk. Buku yang bisa Anda berikan seperti buku bergambar perusahaan.

Terakhir, pastikan adanya manfaat dari setiap souvenir yang Anda beri. Saat kita memilih souvenir untuk diberikan pada konsumen, Anda juga harus memikirkan apakah produk yang akan Anda berikan memiliki manfaat untuk konsumen. Biasanya banyak perusahaan yang asal memberikan souvenir untuk para pembelinya, jika souvenir yang Anda berikan tidak berguna untuk pembeli, mereka pasti tidak akan menerima efek keuntungan berbelanja produk yang Anda hasilkan. Oleh karena itu, sesuaikan antara harga, dan manfaat souvenir tersebut. Memilih souvenir yang mempunyai harga murah tidak masalah, asalkan ia bermanfaat dan lebih berkesan untuk konsumen.

Pada dasarnya, promo belanja dengan memberikan souvenir sebagai hadiah ini memang terkesan sangat efektif, namun Anda tidak boleh secara terus menerus memberikannya. Jika Anda sudah mencapai target, dana yang digunakan untuk memberi souvenir pada pelanggan bisa Anda gunakan untuk menambah kualitas produk sehingga pelanggan akan tetap menggunakan produk yang Anda ciptakan meskipun tanpa ada embel-embel souvenir di dalamnya. Dengan cara ini, bisnis Anda bisa berjalan dengan mulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *