Lakukan Hal Ini Agar Tidak Terjebak Harga Diskon Barang Murah!

    Home/Tips & Trik / Lakukan Hal Ini Agar Tidak Terjebak Harga Diskon Barang Murah!
Lakukan Hal Ini Agar Tidak Terjebak Harga Diskon Barang Murah!

Lakukan Hal Ini Agar Tidak Terjebak Harga Diskon Barang Murah!

admin

Membeli suatu barang atau benda favorit memang suatu hal yang menyenangkan. Apalagi bila barang favorit yang hendak dibeli sedang dalam masa promo. Secara otomatis, barang tersebut masuk ke dalam daftar barang yang di diskon. Harga diskon dari barang tersebut sudah pasti membuat Anda tergiur. Bayangkan apa jadinya bila Anda tergiur membeli berbagai macam barang yang dijual dengan harga minim. Padahal barang atau benda yang sebenarnya Anda butuhkan hanyalah berjumlah sedikit. Tentu hal ini akan membuat Anda menjadi lebih konsumtif.

Ada beberapa alasan mengapa Anda menjadi pribadi yang konsumtif dalam hal ini. Berikut adalah alasannya:

  1. Saat melihat harga yang ditawarkan, Anda akan langsung membelinya. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja mengingat diskon hanya bisa ditemui pada saat-saat tertentu.
  2. Benda yang dibeli bukanlah barang prioritas. Meski Anda memiliki target barang yang harus dibeli, ketika berhadapan langsung dengan produk yang di diskon maka kemungkinan besar Anda akan lalai dengan tujuan belanja. Bila sudah begini, uang anda akan terbuang sia-sia dengan barang yang sebenarnya tidak begitu penting.

Agar Anda tidak terjebak menjadi pribadi yang konsumtif, sebaiknya Anda melakukan beberapa langkah antisipasi. Langkah tersebut seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

  1. Tetapkan niat dan tujuan belanja. Niat merupakan hal penting yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Pastikan niat dan tujuan belanja Anda adalah untuk memenuhi kebutuhan. Dengan begitu, saat melihat harga diskon yang tertera pada produk, Anda tidak akan terpancing untuk membelinya.
  2. Bawa uang pas saat berbelanja. Langkah kedua ini juga dapat Anda lakukan bila selama ini Anda mudah tergiur dengan potongan harga yang murah. Anda cukup membawa uang untuk transportasi dan barang yang perlu dibeli saja.

Baca Juga:Kelebihan Mengetahui Mengenai Info Harga Produk Terlebih Dahulu Sebelum Membelinya

Bila kedua langkah antisipasi di atas belum bisa menghentikan kebiasaan membeli barang-barang yang tidak penting, coba lakukan langkah penanganan. Berikut ini adalah langkah penanganan yang bisa Anda coba:

  1. Lakukan evaluasi diri. Bila terlanjur membeli barang-barang yang di diskon, Anda harus melakukan evaluasi diri setelah sampai di rumah. Evaluasi diri ini dapat dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada diri sendiri terkait pemborosan yang dilakukan. Lantas siapa yang menjawab? Tentu saja Anda yang menjawabnya.
  2. Ajak teman saat berbelanja. Setelah Anda melakukan evaluasi diri, langkah selanjutnya ialah tidak membiarkan diri sendiri berbelanja saat ada diskon. Artinya, Anda perlu membawa teman saat berbelanja.

Dalam langkah penanganan tersebut bila Anda tidak dapat menemukan teman yang bisa diajak untuk berbelanja sebaiknya ajaklah saudara terdekat. Namun yang perlu diingat, saudara Anda haruslah orang yang suka berhemat. Jangan meminta tolong kepada Saudara yang sama-sama memiliki sifat konsumtif. Hal ini karena fungsi mengajak saudara Anda berbelanja adalah untuk mengingatkan Anda untuk tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan saat berbelanja.
Langkah-langkah di atas harus Anda lakukan secara terus-menerus untuk mengurangi kebiasaan suka membeli barang diskon yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Baik itu langkah antisipasi maupun penanganan dapat dilakukan secara berbarengan. Dengan mengetahui setiap alasan atau faktor penyebab Anda konsumtif dan melakukan berbagai langkah jitu yang sudah disebutkan di atas, Anda tidak akan mudah tergiur lagi dengan harga diskon suatu barang yang murah. Jadi pengeluaran belanja Anda dapat ditekan menjadi lebih hemat. Selebihnya anda juga terhindar dari perilaku konsumtif yang tidak baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *