Cerdas Menyikapi Berbagai Macam Promo Belanja Online

    HomeTips & Trik Cerdas Menyikapi Berbagai Macam Promo Belanja Online

Cerdas Menyikapi Berbagai Macam Promo Belanja Online

admin

Siapa yang tidak tergiur bila mendengar kata diskon, promo maupun segala sesuatu yang berhubungan dengan potongan harga? Apalagi mayoritas kaum wanita yang notabene memiliki hobi shopping. Keinginan berbelanja merupakan keinginan alamiah apalagi didorong oleh banyaknya promosi dan diskon. Ditengah kemajuan jaman sekarang ini sarana berbelanja kian maju, seperti website untuk belanja online sudah bukan merupakan hal yang asing lagi. Tidak hanya toko yang biasanya kita kunjungi, namun website online juga menyediakan berbagai promo belanja online yang semakin menggoda iman kita.

Dengan kemajuan sarana berbelanja online, tentunya website tersebut menyediakan berbagai promo yang tentunya cukup menarik perhatian konsumen untuk membeli di situs tersebut. Promosi di situs online cukup berdampak positif bagi konsumen dan bagi penyedia situs itu sendiri:

  • Dengan adanya promosi dari situs jual beli online kita sebagai konsumen dapat memperoleh produk yang kita inginkan dengan harga yang lebih terjangkau sehingga menghemat pengeluaran.
  • Memberikan suatu kepuasan tersendiri bagi para konsumen karena dapat memperoleh barang berkualitas dengan harga yang lebih rendah.
  • Menarik minat konsumen untuk mengunjungi situs online tersebut sehingga meningkatkan rating situs online tersebut.

Namun selayaknya pedang bermata dua promosi dari situs belanja online juga dapat memberikan dampak negative bagi para konsumen yang kurang cerdas mengelola keuangan mereka:

  • Dengan berbagai macam promo konsumen bisa terjebak ke dalam penawaran yang menggiurkan sehingga membeli barang yang seharusnya tidak dibutuhkan
  • Konsumen yang kurang bijak akan termakan promosi diskon barang yang menyebabkan membengkaknya pengeluaran akibat pemborosan
  • Belanja dengan menggunakan kartu kredit secara tidak sadar akan membuat biaya membengkak yang mengakibatkan pengguna bingung untuk melunasinya.

Membeli barang-barang diskon sebenarnya sah-sah saja, namun perlu diikuti dengan mental yang sehat dan kurangi kebiasaan konsumtif agar tidak terjebak dalam perilaku impulsive. Setiap keinginan kita perlu dikontrol agar tidak merugikan diri kita sendiri sebagai konsumen. Mungkin Anda bertanya bagaimana cara mengontrol keinginan konsumtif tersebut? Maka dari itu ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk menghindari perilaku konsumtif.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Agar Tidak Terjebak Harga Diskon Barang Murah!

Sebelum terjebak dalam promo belanja online alangkah baiknya kita melakukan hal berikut:

  • Sebelum membeli suatu barang, pikirkan kembali kondisi keuangan Anda. Jangan sampai Anda membeli barang diatas kemampuan keuangan Anda.
  • Mencatat kebutuhan pokok yang memang harus dibeli dan kebutuhan sekunder yang bisa ditunda.
  • Menyusun anggaran belanja setiap bulan sehingga ketika akan membeli suatu barang yang tidak diperlukan Anda dapat mengetahui uang yang akan Anda gunakan bukanlah untuk berbelanja barang yang tidak penting.
  • Bila Anda pengguna kartu kredit, kurangi belanja online dengan kartu kredit.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa kemudahan berbelanja lewat internet merupakan salah satu pemicu masyarakat untuk bertindak semakin konsumtif dan tanpa pikir panjang. Sebagai konsumen yang cerdas, kita hendaknya paham bagaimana mengelola keuangan dengan baik. Apalagi sebagai seorang wanita yang nantinya akan menjadi ibu rumah tangga, Anda perlu mulai mengatur pengeluaran dari sekarang.

Demikian ulasan singkat mengenai belanja online, semoga Anda dapat menyadari dan mulai mengatur pengeluaran Anda dengan baik. Sebagai saran juga ketika Anda ingin mencari promo belanja online carilah website yang benar-benar terpercaya untuk menghindari penipuan yang kian marak. Jadi selain kita harus mengatur diri dan keuangan kita juga perlu waspada terhadap website tidak resmi yang bisa jadi merupakan sebuah tindak penipuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *