Hati-hati dengan Promo Belanja Online yang Menggiurkan

    HomeInfo Diskon Hati-hati dengan Promo Belanja Online yang Menggiurkan

Hati-hati dengan Promo Belanja Online yang Menggiurkan

admin

Pernahkah ketika Anda membuka suatu situs tertentu, muncul iklan penawaran barang branded yang harganya terlalu murah atau bahkan sangat tidak masuk akal? Jika pernah berhati-hatilah, jangan langsung senang karena bisa jadi iklan promo belanja online dengan harga yang sangat murah tersebut hanyalah jebakan oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggungjawab.

Berbelanja secara online sebenarnya sah-sah saja kita hanya perlu berhati-hati dengan promo dan penawaran dari website online agar tidak tertipu. Seperti apa sebenarnya jenis penipuan yang marak terjadi dalam bisnis shop online:

  • Barang yang tidak sesuai dengan foto atau gambar

Foto yang terpasang di website suatu shop online menjadi salah satu penentu utama seseorang untuk membeli barang yang ditawarkan. Meskipun foto barang yang ditawarkan seringkali bertuliskan “Real Pic” yang artinya foto asli namun beberapa shop online “abal-abal” tidak memberikan barang sesuai dengan yang dijanjikan.

Baca juga: Cerdas Menyikapi Berbagai Macam Promo Belanja Online

  • Barang tidak dikirimkan padahal sudah melakukan transfer

Ini adalah penipuan yang paling merugikan kita para konsumen, karena penjual biasanya meminta konsumen untuk melakukan transfer terlebih dahulu setelah itu penjual baru akan mengirimkan barangnya. Namun ketika transfer telah dilakukan, penjual tersebut akan berdalih atau bahkan tidak dapat dihubungi atau bisa disebut juga lost contact. Bila hal tersebut terjadi bisa dipastikan uang yang kita transfer sudah raib ditangan penipu.

  • Barang yang dibeli merupakan barang palsu / KW

Meskipun penjual mengatakan bahwa barang yang dijual adalah barang asli alias original, namun banyak juga penjual yang menipu konsumen dengan barang KW super. Konsumen pada awalnya tidak menyadari bahwa barang yang telah diterima adalah produk palsu atau replika karena barang tersebut adalah replika dengan kualitas super, namun bila diperiksa keasliannya dari garansi atau hologram dari produsen ternyata barang yang telah dibeli merupakan barang palsu alias KW.

Banyaknya kejadian penipuan tersebut tentunya membuat kita sebagai konsumen menjadi was-was untuk membeli produk secara online. Memang keberadaan fasilitas seperti shop online ini seperti pedang bermata dua yang dapat menjadi hal positif dalam dunia perdagangan atau hal negative tergantung penggunaannya.

Sebagai konsumen yang bijak yang harus kita lakukan kita harus waspada agar penipuan tersebut tidak terjadi pada kita, oleh karena itu ada beberapa tips agar konsumen tidak terjebak oleh promo belanja online abal-abal yang ditawarkan oleh penjual:

  1. Jangan langsung terpancing produk dengan harga murah namun periksa dahulu apakah penjual atau situs belanja online tersebut sudah terpercaya.
  2. Menggali informasi sebanyak-banyaknya dari penjual dan hindari transfer dahulu sebelum pengiriman barang.
  3. Usahakan mencari penjual online yang mau bertransaksi dengan bertemu secara langsung atau Cash on Delivery (COD).
  4. Bila tidak yakin dengan penjual dan barang yang ditawarkan, lebih baik jangan memaksakan diri untuk membeli barang di situs tersebut.

Kita tentunya tidak ingin menjadi korban penipuan penjual online bukan? Dengan mengetahui tips tersebut kita bisa lebih waspada dalam memiliki situs online yang berkualitas, yang perlu kita lakukan adalah harus berhati-hati agar kita tidak mengalami kekecewaan akibat membeli barang di toko online yang tidak tepat yang berakhir tertipu oleh penjual. 

Itulah beberapa jenis penipuan promo belanja online yang marak terjadi beserta tips menghindari penipuan oknum-oknum penjual online. Memang ditengah kemajuan jaman yang meningkat ini semakin membuka peluang untuk melakukan berbagai tindak kejahatan. Demikianlah pembahasan singkat ini semoga bisa membantu Anda dalam berbelanja online secara lebih bijaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *