4 Faktor Pemilihan AC, Tidak Hanya Soal Harga AC Saja!

    HomeInfo Harga 4 Faktor Pemilihan AC, Tidak Hanya Soal Harga AC Saja!

4 Faktor Pemilihan AC, Tidak Hanya Soal Harga AC Saja!

admin

Di saat udara sedang panas-panasnya saat ini, Anda tentu membutuhkan perangkat untuk mendinginkan udara di dalam rumah. Kipas angin memang bisa memberikan sedikit kesejukan tersebut, tapi tentunya tak seefektif air conditioner alias AC. Dengan adanya AC, setidaknya Anda bisa beraktivitas dengan lebih nyaman. Bahkan saat tidur Anda pun juga akan lebih nyenyak. Tapi ingat, jangan hanya memilih dari harga AC saja.

Harga memang harus Anda pertimbangkan karena Anda tentunya memiliki budget untuk membeli perangkat elektronik di rumah. Tapi kalau Anda hanya terpaku pada harga saja, Anda akan membeli perangkat yang keliru bagi rumah Anda. Bisa jadi Anda membeli AC yang kurang dingin. Bahkan tak sedikit orang yang keliru dalam memperhitungkan listrik yang diperhitungkan untuk perangkat ini. Akibatnya, saat AC menyala, perangkat elektronik lain harus dimatikan. Tentu ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jadi, apa saja yang harus dipikirkan selain dari harga AC? Ini dia beberapa di antaranya:

  • Kapasitas AC

Satuan kapasitas AC adalah BTU (British Thermal Unit), yang mengukur panas untuk menaikkan 1 pon air sebanyak 1 derajat. Semakin besar BTU, semakin besar kapasitas output AC. Di Indonesia, satuan yang dipakai adalah PK (Paarden Kracht/daya kuda dari Bahasa Belanda). Makin besar PK AC, makin besar pula listriknya.

  • Pertimbangkan luas ruangan

Jika Anda berpikir AC dengan PK ¾ di ruang tamu lebih hemat, pikirkan lagi. AC harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruang tamu yang lebar, yang otomatis akan menyedot makin banyak listrik. Sementara AC 1 PK justru lebih hemat untuk ruangan lebar.

  • Merk

Akan lebih baik lagi jika Anda memilih merk yang sudah terkemuka, memberikan garansi yang lama, dan punya pusat servis di banyak tempat untuk memudahkan pemeliharaan.

Baca Juga :Tips Dapatkan Promo Harga Smartphone

  • Tipe AC 

Tipe AC sendiri ada jenis standing, window, split, dll. Semua memiliki fungsinya sendiri-sendiri, jadi perhatikan ini.

Untuk referensi, ini beberapa jenis AC yang bisa jadi pilihan Anda:

  • Sharp ECO AH-A5SDL (Rp3.995.000,00)

Daya 330 W, ½ PK, auto swing, gentle cool air, Jet Stream, ramah lingkungan.

  • Panasonic CS-KN5RKJ (Rp3.350.000,00)

Seri aLowa, daya 320 W, kapasitas 5000 BTU/h, eco mode, ½ PK.

  • Polytron PAC 09 VX (Rp2.750.000,00)

Teknologi Aurora Ice, hemat energi, 1 PK, daya 880 W, 9500 BTU/h.

  • Electrolux ESM-05CRD (Rp4.000.000,00)

Daya 345 W, kapasitas 5000 BTU/h, smart saver, ultra filter, bio filter.

Merk-merk AC lain yang bisa disarankan adalah Samsung, LG, dan Daikin. Semua merk tersebut adalah merk yang sudah terbukti kualitasnya dan memiliki pusat servis yang banyak. Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk pemeliharaan jika menggunakan merk-merk tersebut. Harga AC yang ditawarkan juga beragam, dari yang murah meriah, menengah, hingga yang mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *