Untuk Para Pembisnis Online Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Memberikan Promo Belanja Online Kepada Pelanggan

    Home/Tips & Trik / Untuk Para Pembisnis Online Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Memberikan Promo Belanja Online Kepada Pelanggan
Untuk Para Pembisnis Online Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Memberikan Promo Belanja Online Kepada Pelanggan

Untuk Para Pembisnis Online Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Memberikan Promo Belanja Online Kepada Pelanggan

admin

Semakin banyaknya toko online yang menjamur, membuat para pembisnis online harus melakukan strategi yang tepat menarik calon pembeli. Jika Anda seorang pembisnis online tentu tahu cara mendapatkan pelanggan adalah dengan memberikan promo belanja online.

Namun, strategi tersebut tidak bisa dilakukan sembarangan, perlu perhitungan yang matang karena alih-alih mencari pelanggan, usaha yang Anda jalani malah rugi. Bahkan tidak sedikit yang salah melakukan strategi ini akhirnya gulung tikar lantaran salah perhitungan saat memberikan promo atau diskon.

Sebenarnya dengan memutuskan bisnis online, Anda sudah bisa memasang harga yang lebih murah karena tidak perlu membayar sewa toko.  Tentu saja jika Anda ingin mendapatkan label toko online yang memberikan harga murah tidak selalu cukup untuk mendapatkan calon pelanggan. Diskon menjadi salah satu tawaran yang menarik dan menggoda untuk mendapatkannya

Jadi alternatifnya adalah Anda memasang harga normal pada setiap barang yang dijuar, namun memberikan promo harga maupun kupon agar dapat menjaring pelanggan lebih banyak lagi.

Namun, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu  sebelum memberikan promo belanja online, diantaranya adalah sebagai berikut:

Tentukan Tujuan

Tentukan apa yang Anda jadikan perioritas atau tujuan dengan memberikan diskon. Apakah ingin menarik calon pelanggan baru atau ingin membuat pelanggan setia yang selalu belanja di toko online yang Anda kelola? Atau alasannya adalah Anda ingin cuci gudang mengganti stok barang lama ? Menetapkan tujuan memberikan promo belanja online adalah hal yang penting, karena Anda bisa memilih barang mana yang harus di diskon, kapan waktunya dan berapa banyak jumlah barang yang akan di diskon.

Baca juga: Info Promo Tiket Pesawat Terbang Murah Meriah

Segementasi Pembeli

Lihat data pembeli, cari tahu apa yang menjadi kebiasaan mereka dan kebanyakan barang yang dibeli apa. Dengan mengetahui kecenderungan pembeli Anda menjadi tahu tipe-tipe pembeli dengan demikian Anda bisa menentukan dengan mudah barang mana yang tepat untuk di diskon.

Cari Waktu Promo yang Tepat

Umumnya waktu yang tepat untuk melakukan diskon adalah: saat menjelang lebaran, natal, saat sekolah masuk tahun ajaran baru, akhir tahun menjelang tahun baru dll.

Membuat Promo yang Menarik dan Kreatif

Ada banyak cara yang bisa Anda coba lakukan agar promo yang diberikan menjadi menarik dan lain dari yang lain. Misalnya : harga barang A harganya normal, namun jika membeli barang B pembeli akan mendapatkan diskon hingga beberapa persen sesuai dengan harga yang sudah Anda tentukan. Atau bisa memberikan diskon khusus untuk segmentasi tertentu, misalnya untuk para siswa, lansia dsb.

Nah, jika Anda sudah menjalankan promo belanja online jangan lupa lakukan analisis dan evaluasi saat promo ditutup. Hasilnya bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk perkembangan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *