Kiat Melakukan Promo Terbaru Buku Sastra

    HomeTips & Trik Kiat Melakukan Promo Terbaru Buku Sastra

Kiat Melakukan Promo Terbaru Buku Sastra

admin

Promo merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan sebuah produk ke khalayak luas. Promo berfungsi untuk menarik perhatian calon pembeli agar tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan tersebut. Salah satu produk yang harus dipromosikan agar dikenali oleh masyarakat luas adalah buku sastra. Buku sastra termasuk ke dalam golongan buku fiksi yang perlu dipromosikan agar laku dan dibaca banyak orang, sebab minat masyarakat akan karya fiksi masih rendah. Buku sastra perlu dipromosikan demi menyampaikan pesan moral yang terkandung di dalam buku tersebut. Dalam melakukan promo, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan, seperti sasaran promo, media promo, dan waktu promo. Artikel ini akan membahas mengenai media-media yang bisa dipilih untuk melakukan promo terbaru buku sastra.

  • Melakukan Promo di Media Sosial

Melakukan promo di media sosial merupakan langkah paling efektif untuk memperkenalkan buku sastra terbaru. Media sosial memiliki banyak sekali pengguna, dan di antara jutaan pengguna media sosial tidak sedikit yang menyukai atau menggemari karya sastra. Kenalkanlah buku sastra tersebut di media sosial dengan cara memposting cover buku, keterangan detail tentang buku mulai dari judul, nama pengarang, jumlah halaman, tahun terbit, dan keterangan lain yang akan memudahkan pembaca untuk mengetahui informasi mengenati buku tersebut. Bila perlu, tulislah narasi tentang keunggulan buku sastra tersebut, bisa juga dengan menuliskan blurb (yang berisi ringkasan pokok cerita), atau endorsment yang berisi komentar tokoh, pengamat, kritikus atau pembaca yang sudah membaca buku tersebut.

Baca juga: Tips Berbelanja Agar Mendapat Promo Harga

  • Resensi di Media Cetak

Resensi merupakan tulisan yang berisi ulasan buku yang membahas tentang ringkasan isi buku, kelebihan dan kelemahan buku, hingga pendapat/ kesan pembaca mengenai buku tersebut. Resensi yang tertulis biasanya dipublikan di media, baik media online maupun media cetak. Untuk mempromosikan buku sastra, kita bisa meminta bantuan orang lain untuk meresensi buku tersebut dan kemudian dikirimkan ke media, agar orang yang membaca media tersebut mengetahui tentang keberadaan buku sastra yang kita promosikan. Media cetak merupakan media terbaik untuk melakukan promo terbaru buku sastra karena media cetak memiliki banyak pembaca.

  • Mengadakan Bedah Buku

Bedah buku merupakan kegiatan melakukan promo buku baru yang paling baik sebab pada momen bedah buku inilah si penulis memiliki kesempatan secara langsung untuk menjelaskan isi bukunya kepada khalayak yang hadir dalam acara bedah buku tersebut. peserta diskusi juga memiliki kesempatan untuk bertanya langsung dan meminta pertanggungjawaban penulis tentang isi bukunya. Agar kegiatan promo lebih efektif, bedah buku bisa dilakukan di tempat-tempat yang kemungkinan memiliki pembaca sastra yang banyak, misalnya di kampus-kampus sastra atau di komunitas-komunitas sastra di berbagai kota.

Itulah beberapa medium yang bisa dijadikan pilihan dalam melakukan promo terbaru buku sastra. Buku sastra yang tidak dirpomosikan tentu tidak akan dikenal luas oleh pembaca sastra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *