Kelemahan Promo Belanja Online pada Momen Harbolnas

    Home/Promo Online / Kelemahan Promo Belanja Online pada Momen Harbolnas
Kelemahan Promo Belanja Online pada Momen Harbolnas

Kelemahan Promo Belanja Online pada Momen Harbolnas

admin

Momen Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pegiat belanja online di tanah air. Momen yang hanya digelar sehari dan sekali dalam setahun tersebut merupakan kesempatan bagi konsumen untuk berbelanja secara online dengan banyak keuntungan, seperti diskon harga yang besar-besaran, bonus pembelian, hingga gratis ongkos kirim. Meski memiliki banyak kelebihan dan menawarkan banyak keuntungan bagi para konsumen ataun calon pembeli, momen Hari Belanja Online Nasional yang dihelat setiap 12 Desember tersebut juga memiliki kelemahan yang tentu sangat merugikan para konsumen. Berikut ini adalah beberapa kelemahan promo belanja secara online pada momen Harbolnas.

  • Server Down

Salah satu masalah terbesar yang sering dikeluhkan oleh para konsumen yang akan berbelanja pada momen Harbolnas adalah server situs yang dikunjunginya down. Banyaknya pengunjung yang berebut ingin membeli barang dengan harga yang sangat murah dan menawarkan banyak bonus dan promo belanja tersebut tentu membuat banyak calon konsumen berbondong-bondong mengunjungi situs-situs retail online sehingga situs tersebut tidak mampu menampung pengunjung yang terlalu banyak, sehingga server menjadi down. Server yang down tersebut tentu menyia-nyiakan waktu yang dimiliki oleh konsumen, sebab momen Harbolnas hanya terjadi sehari dalam setahun, sehingga waktu yang sediakan untuk memilih-milih barang lebih singkat karena menunggu server pulih kembali.

  • Customer Servis Tidak Merespon

Selain server yang mudah down, hal yang paling menyebalkan bagi konsumen ketika berbelanja online pada momen Harbolnas adalah customer servis tidak merespon atau bahkan sangat sulit dihubungi, sehingga calon konsumen tidak dapat menanyakan perihal barang yang akan dibelinya dengan lebih mendetail. Ketika customer servis sulit dihubungi, calon konsumen tentu sangat dirugikan, bahkan hal tersebut akan mengurangi rasa kepercayaan calon konsumen terhadap situs retail jualan online tersebut.

  • Database yang Kacau

Keluhan yang sering diutarakan oleh para pembeli yang berbelanja secara online pada momen Harbolnas adalah kekacauan database yang disebabkan oleh terlalu banyaknya pesanan yang datang, sehingga pihak retail atau penjual tidak mencatat dengan cermat setiap pesanan yang datang karena terdesak untuk segera melayani ratusan calon pembeli yang lain. Imbasnya, banyak sekali terjadi kekeliruan dalam mencatat barang pesanan secara detail, mulai dari kesalahan warna hingga kekeliruan yang menyebabkan barang yang dipesan tertukar antara satu pembeli dengan pembeli yang lainnya.

Para retail atau situs-situs penyedia layanan belanja online yang ikut bergabung dan meramaikan Harbolnas sudah berjanji untuk selalu meningkatkan pelayanannya dari tahun ke tahun, terutama ketika menghadapi momen Harbolnas yang menyedot ribuan pengunjung dan pembeli. Namun, kekacauan tersebut terus terulang setiap tahunnya. Para konsumen dan calon pembeli harus hati-hati dan lebih jeli dalam memilih situs belanja online dengan pelayanan terbaik agar ketika memanfaatkan promo belanja pada momen Harbolnas, pembeli tidak merasa kecewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *