Kiat Melakukan Promo Online di Media Sosial

    HomePromo Online Kiat Melakukan Promo Online di Media Sosial

Kiat Melakukan Promo Online di Media Sosial

admin

Berjualan online dengan memanfaatkan media sosial menjadi trend yang cukup booming belakangan ini. Mungkin para pembeli di toko-toko online benar-benar merasakan proses jual beli online yang sangat mudah dan sekaligus meringankan pembeli yang tidak harus berkeliling dari satu toko ke toko lainnya untuk mendapatkan barang yang diinginkannya. Berkaitan dengan jual beli online, salah satu media yang dijadikan pilihan oleh para penjual online atau pemilik lapak-lapak online adalah media sosial. Media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram merupakan medium yang sangat efektif untuk memperkenalkan sebuah produk kepada khalayak luas, yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Promosi yang dilakukan di media sosial harus dibarengi dengan strategi yang baik agar promosi yang dilakukan bisa tepat sasaran. Berikut ini adalah beberapa kiat melakukan promo online di media sosial.

  • Menentukan Segmentasi yang Jelas

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum lebih jauh melakukan promo online adalah menentukan segmentasi yang jelas siapa saja calon pembeli atau konsumen yang dituju untuk memasarkan produk tersebut. Segmentasi perlu dilakukan agar agenda promo yang dilakukan nantinya dapat tepat sasaran. Misalnya, jika produk yang dijual online adalah buku, maka segmentasi calon pembelinya adalah pembaca buku seperti mahasiswa, anak sekolah, komunitas penulis, dll. Atau misalnya, jika produk yang dijual online adalah pakaian muslimah, maka tentu segmen calon pembelinya adalah para muslimah. Sebelum melakukan promosi, hendaknya memfollow atau menambahkan calon-calon konsumen tersebut sebagai teman di media sosial, agar mereka mengetahui keberadaan toko online kita dan dapat melihat barang yang akan kita promosikan.

  • Membuat Foto Produk Semenarik Mungkin

Setelah menentukan segmentasi, langkah melakukan promo online yang selanjutnya adalah membuat foto semenarik mungkin dengan objek produk yang akan kita jual. Sebisa mungkin, foto produk tersebut harus jelas, detail dan menarik. Cara paling efektif untuk membuat foto produk lebih menarik adalah dengan menggunakan foto model. Namun jika menggunakan foto model dianggap mengeluarkan terlalu banyak beaya, kita bisa menggunakan hal-hal artistik di sekitar kita sebagai background foto, misalnya foto berlatar kayu, foto berlatar pemandangan alam, dan latar-latar lain yang penting tidak flat dengan hanya memanfaatkan latar warna putih.

Selain foto produk yang terlihat artistik, unik, dan menarik, kita juga wajib memberi narasi detail seputar produk sebagai keterangan foto. Misalnya dengan menulis spesifikasi produk yang kita promosikan tersebut secara detail namun singkat. Misalnya produk yang kita jual adalah buku, kita bisa memberikan narasi buku tersebut tentang apa dan berilah sedikit ulasannya. Narasi produk akan membuat pembaca lebih tertarik daripada foto yang diposting tanpa narasi.

Itulah kiat-kiat melakukan promo online di media sosial. Hal yang terpenting dalam melakukan kegiatan promosi di media sosial adalah keuletan dan terus melakukan inovasi agar calon pembeli semakin tertarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *