Cara Memilih Laptop Murah yang Berkualitas

    HomeTips & Trik Cara Memilih Laptop Murah yang Berkualitas

Cara Memilih Laptop Murah yang Berkualitas

admin

Laptop atau komputer jinjing sudah menjadi kebutuhan terutama bagi pekerja kantoran dan bagi pelajar. Banyak hal yang berkaitan dengan pekerjaan dan kebutuhan belajar yang harus dikerjakan dengan laptop, mulai dari membuat laporan hingga mengerjakan tugas. Laptop yang memikiki banyak fungsi dan manfaat tentu mampu menunjang dan membantu pekerjaan sehari-hari, sehingga keberadaan laptop sangatlah penting bagi sebagian orang. Terdapat banyak sekali jenis dan merk laptop yang dijual di pasaran, mulai dari yang harganya sangat mahal hingga yang harganya sangat murah. Sebagian orang tentu lebih memilih membeli laptop dengan harga murah dengan kualitas terbaik untuk menekan jumlah pengeluaran. Namun tidak semua orang menyadari bahwa laptop dengan harga yang murah biasanya memiliki spesifikasi yang kurang unggul, meski tidak semua laptop berharga murah memiliki kelemahan dan kekurangan. Berikut ini adalah kiat-kiat atau cara memilih laptop murah namun berkualitas.

Memilih Laptop dengan Spesifikasi Tinggi

Salah satu faktor yang menunjang kinerja laptop adalah spesifikasinya. Spesifikasi laptop di antaranya terdiri dari dapur pacu, besaran daya simpan atau memori, hingga jenis prosesor yang sangat berpengaruh pada kemampuan sebuah laptop. Membeli laptop murah sah-sah saja dan justru sangat dianjurkan, namun dengan catatan laptop yang dibeli dengan harga murah tersebut memiliki spesifikasi yang tinggi atau minimal lumayan tinggi. Bagaimana cara melihat spesifikasi laptop? Caranya sangat mudah, lihatlah keterangan spesifikasi laptop pada kardus laptop tersebut. laptop dengan spesifikasi yang lumayan tinggi dan baik kemampuannya biasanya memiliki RAM minimal 5 GB. Sementara untuk besaran memorinya, minimal 64 GB agar mampu menampung banyak data.

Baca juga: Cermat Menentukan Saat Membeli Barang Diskon Elektronik

Memperhatikan Masa Garansi dan Servicenya

Cara paling mudah untuk membedakan antara laptop berkualitas dengan laptop yang kurang berkualitas adalah dengan melihat masa garansinya. Laptop berkualitas biasanya akan berani memberikan masa garansi yang lebih lama, misalnya dua tahun. Sebaliknya, laptop yang kualitasnya kurang baik hanya akan memberikan garansi selama 6 bulan hingga satu tahun. Garansi yang lama biasanya sengaja diberikan oleh produsen sebuah laptop karena yakin bahwa barang produksinya sangat berkualitas, selain itu, garansi yang lama juga diberikan untuk menarik perhatian konsumen agar percaya bahwa laptop tersebut benar-benar berkualitas. Tidak peduli sebuah laptop berharga murah atau berharga mahal, masa garansi merupakan tolok ukur paling mudah untuk menentukan laptop yang berkualitas.

Pilih Laptop yang Sesuai dengan Kebutuhan

Selain memperhatikan model dan warna, hal yang terpenting dalam memilih laptop murah adalah dengan menyesuaikan laptop dengan kebutuhan kita. Misalnya laptop tersebut akan kita pergunakan untuk kepentingan desain grafis, pilihlah laptop dengan spesifikasi yang mampu menunjang kinerja mendesain tersebut, yang besaran RAM dan memorinya mampu menunjang aplikasi-aplikasi desain grafis. Sebab umumnya laptop memiliki keunggulan masing-masing dengan bidangnya masing-masing. Laptop yang memiliki keunggulan di suatu bidang belum tentu unggul dan dapat diandalkan di bidang yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *