Info Harga Cetak dan Produksi Buku Secara Indie

    Home/Info Harga / Info Harga Cetak dan Produksi Buku Secara Indie
Info Harga Cetak dan Produksi Buku Secara Indie

Info Harga Cetak dan Produksi Buku Secara Indie

admin

Menulis buku merupakan skill yang tidak dimiliki oleh semua orang. Banyak yang mengatakan bahwa untuk bisa menulis buku, selain melalui latihan yang rutin, juga membutuhkan bakat. Saat ini, menyalurkan bakat menulis semakin mudah dengan teknologi internet. Internet menyediakan banyak ruang untuk mempublikasikan tulisan. Namun, sebagian orang masih beranggapan bahwa penulis merupakan orang yang sudah mencetak atau menerbitkan sebuah buku. Namun, mencetak atau menerbitkan buku bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Meskipun di Indonesia terdapat ratusan penerbit, namun menembus penerbit kini merupakan hal yang cukup sulit. Ketatnya persaingan antar sesama penulis, juga kriteria dan persyaratan tertentu yang ditetapkan oleh berbagai penerbit membuat naskah yang dikirimkan oleh penulis sulit menempbus penerbit-penerbit mayor tersebut. sebagai alternatif, banyak penulis yang memilih menerbitkan bukunya sedara indie atau independen. Berikut ini adalah ulasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan buku indie, info harga cetak sekaligus harga produksinya.

Buku indie merupakan buku yang dicetak secara independen. Banyak alasan mengapa penulis lebih memilih mencetak dan menerbitkan bukunya secara indie. Alasan yang paling utama adalah atas nama idealisme. Sebab banyak sekali penerbit yang menerapkan aturan ketat terkait dengan konten atau isi naskah, sehingga tidak jarang penerbit banyak memangkas atau menghapus sebagian tulisan dan isi buku. Demi menghindari pemangkasan dari penerbit, penulis akhirnya memutuskan menerbitkan bukunya secara indie.

Terdapat beberapa tahapan dalam memproduksi buku indie. Hal pertama yang harus dilakukan adalah proses editing naskah, untuk menghindari salah ketik atau kesalahan data dari buku yang ditulis. Jika diterbitkan di penerbit mayor penulis tidak perlu lagi melakukan proses editing karena penerbit biasanya sudah menyediakan editor khusus, ketika mencetak buku secara indie seorang penulis harus mengedit atau mengoreksi ulang naskahnya sendiri. Jika tidak memiliki kemampuan mengedit naskah sesuai dengan kaidah dan tata bahasa, penulis bisa membayar editor profesional. Untuk info harga jasa editor, rata-rata editor lepas akan memberikan harga 3500-6000 per halaman naskah.

Setelah selesai proses editing, proses selanjutnya adalah layouting atau menyusun tata letak buku. Tata letak naskah yang akan diterbitkan dalam bentuk buku tentu berbeda dari sekadar ngeprint biasa. Selain menyusun tata letak isi buku, cover atau sampul buku juga mesti dipersiapkan. Untuk harga jasa editing, beaya yang perlu dikeluarkan adalah sekitar 500 ribu hingga 1,5 juta, tergantung dari ketebalan buku. Sementara harga jasa mendesain cover adalah sekitar 250-500 ribu, tergantung kerumitan desain yang diinginkan.

Proses terakhir setelah melewati proses editing dan layouting adalah mencetak buku. Mencetak buku merupakan tahapan paling penting karena kualitas tampilan buku sangat ditentukan pada proses ini. Penulis harus mencari percetakan profesional dengan kualitas cetakan yang baik agar kelak buku yang diterbitkannya secara indie memiliki kualitas yang bagus, terutama dari segi kertas dan ketebalan huruf.  Untuk info harga mencetak buku adalah rata-rata Rp. 100 per halaman. Harga cetak tergantung ketebalan buku dan jumlah buku yang akan dicetak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *