Mengenal HARBOLNAS dan Promo Toko Online

    HomePromo Online Mengenal HARBOLNAS dan Promo Toko Online

Mengenal HARBOLNAS dan Promo Toko Online

admin

Berbelanja kebutuhan secara online kini sudah menjadi gaya hidup sebagian besar orang yang tinggal di kota besar. Akses yang mudah terhadpan internet juga menjadi faktor terbesar mengapa seseorang mulai tertarik untuk berbelanja secara online. Selain itu, kesibukan harian yang sangat padat membuat seseorang lebih cenderung memilih berbelanja secara online, sebab selain mudah proses transaksinya, dengan berbelanja online seseorang tidak harus keluar rumah dan mendatangi toko-toko tertentu. Cukup mencari barang yang dibutuhkannya di berbagai toko online atau online shop yang tersedia di internet, si pembeli cukup mengirimkan sejumlah uang dan menunggu barang pesanan itu tiba di rumah si pemesan. Untuk semakin mendekatkan dan mengedukasi masyarakat akan kemudahan berbelanja online, berbagai toko online sepakat mengadakan hari promo untuk memperingati hari belanja online nasional. Berikut ini akan diulan mengenai hari belanja online nasional (HARBOLNAS) yang merupakan bentuk promo toko online di Indonesia.

Sejarah HARBOLNAS

Hari belanja online sebenarnya sudah diperingati di berbagai negara maju seperti di Amerika, Jerman, Inggris, bahkan juga di negara Asia seperti Jepang. Perayaan hari belanja online tersebut diperingati dengan nama Cyber Monder yang dilaksanakan pada hari senin pertama pasca hari Thanksgiving. Pada Cyber Monday, para penggemar belanja online bebas memilih barang yang disukai sebab pada hari itu terdapat promo toko online sehingga mereka bisa membeli barang yang mereka inginkan dengan harga sangat murah. Perayaan Cyber Monday tersebutlah yang kemudian diadopsi para pemilik toko online di Indonesia sebagai pergingatan hari belanja online nasional (HARBOLNAS).

Waktu Perayaan

Acara HARBOLNAS ini pertama kali digelar di Indonesia pada tahun 2012. Berbagai eCommerce atau pemilik lapak online di Indonesia seperti Lazada, Zalora, dan retail yang lain memberikan diskon yang besar pada orang yang berbelanja online pada tanggal 12 bulan 12 tahun 2012. Besaran diskon yang diberikan bahkan mencapai angka 80%.

Seiring perjalanannya, semakin banyak konsumen yang tertarik untuk berbelanja online, sehingga jumlah transaksi di berbagai situs penyedia jasa jual beli online terus meningkat setiap tahun. Di Indonesia sendiri, peningkatan jumlah transaksi belanja online meningkat rata-rata 8% setiap tahunnya, sebuah peningkatan yang cukup lumayan mengingat masih banyak rakyat Indonesia yang belum melek internet dan kepercayaan rakyat Indonesia yang sebenarnya masih cukup rendah untuk membeli barang yang tidak dapat dirabanya secara langsung sebelum membeli. Peningkatan jumlah peminat belanja online merupakan salah satu bukti bahwa kampanye belanja online yang digalakkan berbagai situs penyedia lapak jualan online dengan menggelar HARBOLNAS tersebut sudah cukup berhasil.

Saat ini, sudah terdapat lebih dari 80 eCommerce atau pemilik lapak online Indonesia yang bergabung untuk memberikan promo toko online dan diskon pada momen HARBOLNAS. Mereka bersepakat bahwa HARBOLNAS akan digelar pada tanggal 12 Desember setiap tahunnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *