Info Harga Produksi  dan Harga Jual Buku Indie

    HomeInfo Harga Info Harga Produksi  dan Harga Jual Buku Indie

Info Harga Produksi  dan Harga Jual Buku Indie

admin

Menerbitkan buku secara indie atau independen merupakan salah satu pilihan yang paling realistis jika buku yang ditulis tidak sesuai dengan selera penerbit. Mencetakkan buku secara indie bukan berarti kualitas buku tersebut tidak bagus, namun sebaliknya bisa jadi buku tersebut merupakan sebuah bentuk idealisme dari penulisnya yang terpaksa harus mencetak bukunya sendiri karena ketika masuk ke penerbit banyak bagian yang harus dipotong atau direvisi, yang tentu akan mengubah jalan cerita yang ingin disampaikan oleh sang penulis. Mencetak buku secara indie tentu lebih repot jika dibandingkan dengan memasrahkan buku kepada penerbit. Banyak hal yang harus dihandle atau ditangani oleh penulis jika ingin menerbitkan bukunya secara indie. Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang harus dilewati ketika akan mencetak buku secara indie, sekaligus info harga produksi dan harga jual buku indie.

Pracetak

Sebelum buku naik cetak, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, yaitu proses editing naskah, proses layout atau tata letak, hingga proses pembuatan cover atau sampul buku. Untuk proses editing, penulis yang ingin menerbitkan bukunya secara indie dapat mengandalkan jasa editor profesional dengan rincian beaya kurang lebih Rp. 5000-an per halaman naskah untuk editan halus dan ringan, dan Rp. 8000-an untuk editing yang agak berat. Sementara untuk jasa layout atau tata letak, beaya yang dikeluarkan adalah Rp. 3500-5000-an per halaman.

Selain proses editing dan layout, satu hal lain yang tidak kalah penting dalam produksi buku indie adalah desain cover atau sampul. Jika tidak memiliki kemampuan dalam mendesain sampul buku, kita bisa menggunakan jasa desainer profesional dengan beaya sekitar Rp. 250.000-Rp. 500.000 tergantung kerumitan desainnya.

Biaya Cetak

Salah satu tahapan terpenting dalam menerbitkan buku secara indie adalah proses cetaknya. Kita harus mencetakkan buku di percetakan yang sudah terbiasa menerima jasa mencetak buku. Adapun untuk info harga atau besaran beaya yang harus dikeluarkan tergantung dari ketebalan buku dan dari banyaknya jumlah buku yang dicetak. Namun untuk menyederhanakan hitungan, secara sederhananya, hitunglah beaya cetak buku perlembar sekitar Rp. 115, jadi jika jumlah halaman buku yang sudah dilayout adalah 100 halaman, maka ongkos cetaknya adalah sekitar Rp. 11.500. Harga tersebut adalah asumsi jika jumlah buku yang dicetak adalah 1000 ekslemplar. Jika dicetak lebih banyak, tentu akan lebih murah. Sebaliknya jika dicetak lebih sedikit tentu ongkos cetaknya lebih mahal.

Harga Jual

Untuk mendapatkan harga jual buku yang tepat, rumusnya adalah 4x (empat kali) harga cetak, sebab asumsinya adalah yang satu bagian untuk biaya cetak, satu bagian untuk beaya pra cetak, satu bagian untuk distribusi atau pemasaran, dan satu bagian yang terakhir adalah royalti untuk penulis. Jadi, seandainya harga cetaknya adalah Rp. 11.500, maka harga jual yang paling pantas adalah Rp. 46.000.

Itulah info harga produksi dan harga jual buku yang diterbitkan secara indie. Mencetak buku secara independen akan memberi keleluasaan bagi penulis untuk menerbitkan buku sesuai dengan seleranya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *