Tips Membeli Barang Diskon Elektronik

    HomeTips & Trik Tips Membeli Barang Diskon Elektronik

Tips Membeli Barang Diskon Elektronik

admin

Mendengar kata diskon tentunya menjadi hal yang menggiurkan, terutama diskon elektronik, seperti televisi, kulkas, home theater dan sebagainya. Barang-barang yang biasanya mahal, menjadi murah tentunya membuat kita ingin membelinya, namun tetap harus ada yang diperhatikan sebelum membeli barang-barang tersebut, dan berikut ini adalah tips membeli barang elektronik yang mengalami diskon harga:

  1. Bukan Mark Up

Banyak yang mengatakan jika barang yang didiskon sebenarnya sudah mengalami penggelembungan harga terlebih dahulu atau biasa disebut dengan Mark Up. Oleh karena itu, sebelum membeli barang diskon, termasuk barang elektronik, harus mengetahui dulu berapa harga pasaran dari produk tersebut. Cari info sebanyak-banyaknya, bisa dengan melihat di internet, atau bisa juga dengan membandingkannya dengan toko lainnya. Lakukan perbandingan harga, jika harga yang diberikan wajar, maka bisa dibeli, namun jika ternyata harga telah dimark up sebelumnya, maka tinggalkan.

  1. Sesuai dengan Anggaran

Barang elektronik yang didiskon memang menggiurkan, akan tetapi tetap harus disesuaikan dengan budget yang ada agar anggaran rumah tangga tidak jebol.  Pilih barang diskon yang memang layak untuk dibeli.

  1. Kualitas Barang

Pastikan barang elektronik yang mengalami diskon tersebut memang barang yang berkualitas, bukan barang yang tak berkualitas dan akhirnya dijual murah karena tidak lagu. Selain itu lihat juga apakah barang tersebut memiliki cacat atau kerusakan, sehingga akhirnya didiskon. Tak ada salahnya untuk meminta pihak toko mencoba barang tersebut terlebih dahulu, jika memang kondisinya bagus dan berkualitas, tak ada salahnya untuk membelinya.

  1. Sesuai Kebutuhan

Membeli barang diskon elektronik memang tidaklah salah, namun tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan karena sebuah TV telah didiskon, kita lantas membelinya, padahal di rumah sudah ada televisi yang masih menyala, tidak rusak, dan dalam keadaan bagus. Jikalaupun memang ingin menggantinya, sebaiknya jual terlebih dahulu televisi lama, untuk membeli barang baru sehiingga bisa menghemat pengeluaran.

  1. Garansi

Tanyakan apakah produk yang didiskon tersebut memiliki garansi ataukah tidak, jika tidak memiliki garansi, tanyakan untuk tempat perbaikan produk tersebut jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan, dan jika mendapatkan garansi barang tanyakan pula garansinya berapa lama dan bagaimana cara klaim garansi tersebut. Jangan lupa tanyakan apabila ada sesuatu yang tidak beres apakah bisa ditukar kembali.

  1. Simpan Struk Pembelian

Meski merupakan produk diskon, tak ada salahnya untuk menyimpan struk pembelian. Hal ini berguna jika ada keluhan terhadap produk elektronik yang dibeli.

Itulah tips ketika membeli barang diskon elektronik. hal ini perlu dipahami karena membeli barang elektronik dengan harga diskon tentunya tidak seperti membeli produk elektroik dalam kondisi baru. Oleh karena itu pembeli haruslah jeli dan teliti sebelum membeli barang diskon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *