Tips Membeli Pakaian Murah Bekas Impor

    HomeTips & Trik Tips Membeli Pakaian Murah Bekas Impor

Tips Membeli Pakaian Murah Bekas Impor

admin

Pernah mendengar kata awul-awul? Bagi masyarakat yang gemar membeli pakaian murah tentunya tak asing lagi dengan istilah ini. Awul-awul memang stand penjualan pakaian bekas impor yang dijual dengan harga murah. Biasanya pakaian-pakaian tersebut diletakkan begitu saja di lapak, sehingga pembeli harus mengobrak-abrik (awul-awul) untuk menemukan pakaian yang tepat.

Bagi yang gemar dengan barang murah, membeli pakaian bekas impor memang menjadi kebahagiaan sendiri, selain hemat juga karena bila beruntung bisa mendapatkan pakaian bermerk namun dengan harga murah meriah.

Sebenarnya pakaian bekas impor ini sudah dilarang masuk ke Indonesia, akan tetapi karena peminatnya masih tinggi, maka pakaian bekas impor ini pun banyak yang masuk ke Indonesia lewat jalur ilegal, seperti lewat Batam atau lewat pelabuhan-pelabuhan kecil.

Pemerintah melarang pakaian bekas impor masuk ke Indonesia karena didasari alasan kesehatan karena tanpa melalui quality control sehingga membawa banyak kuman. Berdasarkan uji laboratorium yang pernah dilakukan, dari sampel 25 potong pakaian bekas impor dari Pasar Senen, Jakarta, seluruhnya mengandung bakteri mikrobiologis yang bisa menyebabkan beragam penyakit bagi penggunanya, dari diare, gatal, hingga penyakit saluran kelamin. Dalam satu gram pakaian juga ditemukan ada 260.000 koloni kuman.  

Meski telah dilarang, banyak masyarakat yang tetap membeli pakaian murah bekas impor ini, alasannya tentunya karena pakaian ini memiliki harga yang murah. oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika ingin membeli pakaian bekas impor agar tetap aman, nyaman, serta terhindar dari penyakit.

  • Hindari Pakaian dengan Bau Aneh

Baju-baju bekas impor biasanya mempunyai bau apek, oleh karena itu, sebisa mungkin baju yang tidak terlalu bau, dan hindari baju bekas impor dengan bau yang aneh.

  • Hindari Pakaian dengan Noda

Periksa pakaian bekas impor dengan teliti, hindari pakaian dengan noda yang mencurigakan, misalnya noda darah, baju dengan noda darah tentunya lebih rawan menjadi penyebab tersebarnya penyakit.

Selain dua hal di atas, pakaian bekas impor tetap harus disterilkan ketika sampai di rumah, ada beberapa tahapan untuk mensterilkan pakaian bekas impor ini yaitu:

  • Rendam Air Panas dan Baking Soda

Rendam baju bekas impor yang dibeli ke dalam air panas yang telah dicampurkan dengan baking soda selama beberapa menit. Akan lebih baik jika direndam hingga setengah jam. Hal ini untuk mematikan mikroba yang ada di pakaian bekas.

  • Gunakan Pewangi

Pakaian bekas impor biasanya berbau apek, oleh karena itu setelah direndam dan dicuci, sebaiknya direndam dalam pewangi agar baju menjadi harum

  • Setrika

Pada bagian akhir, pakaian bekas yang telah direndam dan dicuci, harus disetrika, selain untuk menghilangkan bakteri yang tersisa, juga agar baju bekas yang kusut bisa licin dan rapi.

Membeli pakaian murah bekas impor memang memiliki banyak resiko, namun apabila memang tetap ingin membelinya, hal-hal di atas tetap harus dilakukan agar baju bekas yang dibeli bersih, steril, rapi, dan wangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *