Alasan Mengapa Produk Dijual dengan Harga Murah di Akhir Tahun

    HomeInfo Harga Alasan Mengapa Produk Dijual dengan Harga Murah di Akhir Tahun

Alasan Mengapa Produk Dijual dengan Harga Murah di Akhir Tahun

admin

Di akhir tahun, berbagai toko dan retail biasanya akan berlomba-lomba mengadakan promo akhir tahun, yaitu waktu ketika toko-toko dan retail tersebut mengadakan diskon besar-besaran dengan menjual berbagai produk dengan harga sangat murah, bahkan dengan harga obral. Perhelatan rutin setiap akhir tahun ini tentu menarik perhatian para calon konsumen untuk tidak melewatkan kesempatan berbelanja dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga normal. Namun, tidak banyak pembeli atau konsumen yang mengetahui mengapa berbagai produk dijual dengan harga murah di akhir tahun. Jika mengetahui alasan-alasan dan fakta-fakta mengenai promo akhir tahun, mungkin sebagian besar pembeli atau konsumen akan berpikir ulang untuk berbelanja ketika momen promo akhir tahun. Berikut ini adalah beberapa alasan dan fakta-fakta mengapa pada akhir tahun barang-barang cenderung dijual dengan harga diskon yang seringkali tidak masuk akal.

Cuci Gudang

Momen promo akhir tahun seringkali diidentikkan dengan cuci gudang. Sebenarnya, istilah cuci gudang merupakan istilah yang tidak tepat, yang lebih tepat adalag bersih gudang. Pada akhir tahun, biasanya gudang akan dipenuhi dengan berbagai barang yang belum laku atau tidak baru, baik barang yang sudah lama maupun barang stok baru. Kapasitas gudang sebuah toko yang penuh tentu akan menyulitkan para pemilik toko mencari tempat penyimpanan jika ada barang-barang baru yang datang. Untuk mengurangi kapasitas gudang, maka barang-barang yang sudah lebih lama berada di gudang akan terlebih dahulu dikeluarkan. Terlalu lama disimpan di gudang membuat barang lebih cepat rusak. Maka cara yang paling masuk akal bagi pemilik toko adalah menjual barang yang sudah terlalu lama disimpan di gudang dengan harga obral, sebab menjualnya dengan harga normal tentu tidak akan laku.

Baca juga: Bijak Menggunakan Uang Saat Sambut Diskon Terbaru Akhir Tahun

Barang Tidak Laku

Barang yang dijual ketika promo akhir tahun biasanya adalah barang yang tidak laku. Anda akan sulit menemukan barang bagus dengan kualitas unggul pada momen promo akhir tahun. Jangan heran jika barang-barang tersebut dijual dengan harga murah.

Sudah Mendekati Masa Kadaluarsa

Hal ini berlaku untuk produk seperti makanan dan obat-obatan. Barang-barang yang sudah mendekati masa kadaluarsa namun tidak laku tentu akan merugikan si pemilik toko. Cara paling menguntungkan bagi pemilik toko daripada produk makanan tersebut kadaluarsa sebelum terjual adalah segera menjualnya sebelum masa kadaluarsanya habis meski dengan harga yang jauh lebih murah, setidaknya ia tetap memperoleh uang dari penjualan tersebut.

Sudah Tidak Trend

Beberapa produk biasanya diproduksi untuk mengikuti trend tertentu atau dikususkan untuk menyambut momen tertentu. Hal ini biasanya berlaku untuk produk pakaian. Beberapa jenis pakaian, misalnya, diproduksi untuk menyambut musim dingin. Tidak heran jika musim panas tiba, pakaian tersebut dijual dengan harga murah. Contoh tersebut berlaku untuk produk lainnya. Jika sudah kehilangan momentum, sebuah barang akan dijual dengan harga yang relatif lebih murah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *