Tips Menghadapi Promo Harga Murah Saat Akhir Tahun

    HomeTips & Trik Tips Menghadapi Promo Harga Murah Saat Akhir Tahun

Tips Menghadapi Promo Harga Murah Saat Akhir Tahun

admin

Saat akhir tahun banyak toko konvensional maupun online yang membuat program promo harga murah atau diskon. Bahkan tidak jarang toko yang memberikan diskon hingga 90 %. Adanya program tersebut karena kecenderungan berbelanja lebih meningkat saat menjelang liburan natal dan akhir tahun.

Jika sekilas harga yang ditawarkan sangat menggiurkan dan begitu fantastis murah. Apalagi jika Anda senang belanja atau berburu diskon dengan memegang prinsip “mumpung harganya murah”, “daripada menyesal karena tidak beli” dsb. Namun sudah seharusnya jika Anda adalah pembeli yang cerdas harus jeli dan hati-hati saat  menghadapi promo harga murah saat akhir tahun.

Mengapa? Perlu sikap yang teliti dan hati-hati saat menghadapi harga diskon adalah karena tujuannya mendapatkan harga murah agar bisa lebih berhemat, namun jika kurang cerdas malah bisa boros, akibatnya pengeluaran semakin membengkak. Berikut tips yang harus Anda perhatikan jika menghadapi diskon:

Lebih Jeli Dalam Berhitung

Bagi Anda yang suka belanja diskon harus mengetahui diskon 50% + 20% berbeda dengan 70%. Lebih jelasanya kami akan memberikan contohnya:

Misalnya kaos RP 100 ribu, jika didiskon 70% hitungannya adalah: 100.000 x 70% = 70.000. Setelah dikurangi diskon berarti harganya adalah Rp 100.000 – Rp 70.000 = Rp 30.0000,-

Berbeda dengan diskon 50% + 20% cara menghitungnya adalah : 100.000 x 50% = 50.000. Setelah dikurangi diskon berarti harganya adalah: Rp 100.000 – Rp 50.000 = Rp 50.000,- lalu dikurangi diskon 20% menjadi: 50.000 x 20% = Rp 10.000. Jadi total harga diskon yang harus Anda bayar adalah Rp 50.000 – Rp 10.000 = Rp 40.000,-

Mencari Informasi Harga Asli

Banyak pedagang yang nakal sebelum dibuka program diskon akhir tahun, harga barang dinaikkan terlebih dulu. Contohnya Anda menemukan sepatu yang harganya masih dirasa mahal walaupun sudah didiskon 50%, bisa jadi sebenarnya harganya sudah dinaikkan terlebih dulu. Jadi agar tidak terkecoh sebaiknya cari informasi seputar harga asli barang sebelum di diskon.

Perhatikan Kondisi Barang

Dari pada membeli barang reject yang didiskon lebih baik membeli barang last season tahun lalu. Karena barang reject adalah barang yang kondisinya cacat. Walaupun banyak juga orang yang memilih brand terkenal walaupun cacat asalkan pantas dan nyaman dipakai.

Selalu Update Trand Terbaru

Sebuah toko yang menjual produk dari brand terkenal saat memberikan promosi harga murah untuk produk-produknya akan dilirik pembeli jika didisplay dengan manarik. Namun sebaiknya perhatikan modelnya apakah barang yang didiskon tersebut keluaran terbaru atau trand yang sudah lewat. Hal ini sering terjadi, jadi solusinya agar mendapatkan barang diskon yang trand caranya selalu ikuti trand terbaru dari brand tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *