Tips Dan Trik Belanja Murah Yang Jitu

    Home/Tips & Trik / Tips Dan Trik Belanja Murah Yang Jitu
Tips Dan Trik Belanja Murah Yang Jitu

Tips Dan Trik Belanja Murah Yang Jitu

admin

Menjadi ibu rumah tangga itu harus cerdas mengelola keuangan dengan baik agar kesejahteraan keluarga bisa terpenuhi. Mengatur keuangan rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Seorang ibu harus banyak akal dan memiliki perhitungan yang tepat memastikan gaji bulanan cukup untuk semua keperluan rumah tangga. Salah satu caranya adalah dengan belanja murah.

baca juga: Solusi yang Digunakan untuk Mendapatkan Harga Murah Saat Berbelanja

Namun tidak cukup jika hanya melakukan trik belanja murah, karena bisa jadi uang sisanya malah digunakan untuk keperluan lainnya yang sebenarnya tidak terlalu butuh. Nah,dalam artikel ini kami akan memberikan informasi berupa tips cara mengelola keuangan yangbisa Anda coba lakukan.

Buat Budget Dan Anggaran Pengeluaran

Dalam mengelola keuangan rumah tangga kami menyarankan untuk membuat budget atau anggaran keperluan atau kebutuhan yang harus terpenuhi. Anda bisa membuat sistem keuangan seperti ibu zaman dulu dengan menggunakan sistem amplop. Setiap biaya item kebutuhan dimasukkan ke dalam amplopnya masing-masing.

Sisihkan Uang Belanja

Dengan menyisihkan uang belanja merupakan salah satu cara agar bisa berhemat. Uang yang disisihkan simpan di tempat yang berbeda, bisa ditabungan atau di celengan. Bayangkan jika Anda bisa menyisihkan setiap uang belanja sebesar 20 – 30 ribu, jika dikumpulkan dengan disiplin dan rajin lama kelamaan jumlahnya bisa sangat besar.

Menggunakan Sistem Belanja Harian Menjadi Mingguan

Salah satu masalah yang menjadi pemborosan adalah membuang makanan karena basi.penyebabnya bisa karena terlalu banyak membeli makanan, salah proses menyimpannya dan tidak menggunakan prinsip masuk keluar. Masalah ini bisa diselesaikan dengan membeli bahan makanan dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu untuk menghindari makanan cepat basi simpan di lemari es(kulkas) atau wadah yang kedap udara. Belanja harian bisa dijadikan solusi menghindari makanan cepat basi, namun cara tersebut kadang malah membuat pengeluaran bertambah. Contohnya: Anda harus mengeluarkan biaya transportasi untuk ke pasar dan kurang praktis dari segi waktu dan tenaga.

Jadi sebaiknya untuk kebutuhan makanan bisa gunakan sistem belanja mingguan. Hindari membeli makananan untuk satu bulan, karena dalam waktu 30 hari makanan akan membusuk dan kurang segar.

Hindari Belanja Menggunakan Kartu Kredit Atau Debit

Jika Anda belanja di swalayan disediakan sistem pembayaran debit dan kredit. Metode pembayaran tersebut praktis namun bisa membuat Anda tergoda belanja barang di luar kebutuhan. JikaAnda perhatikanbanyak orang yang terpancing membeli banyak produk, apalagi produk yang sedang promo. Jadi sebaiknya bawa uang sesuai dengan budget yang sudah Anda tentukan, agar membeli barang yang dibutuhkan saja.

Buat Daftar Pemasukan Dan Pengeluaran

Selain membuat anggaran pemasukan, penting juga membuat anggaran pengeluaran baik harian, mingguan atau bulanan. Melakukan pencatatan merupakan hal yang penting, karena dengan catatan tersebut Anda bisa mengetahui seberapa banyak pengeluaran dan apa saja yang membuat Anda boros. Dengan demikian diharapkan bulan berikutnya Anda bisa menghemat pengeluaran dengan belanja murah yang lebih tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *