Diskon Belanja Yang Bisa Jadi Sebenarnya Jebakan

    Home/Info Diskon / Diskon Belanja Yang Bisa Jadi Sebenarnya Jebakan
Diskon Belanja Yang Bisa Jadi Sebenarnya Jebakan

Diskon Belanja Yang Bisa Jadi Sebenarnya Jebakan

admin

Di zaman modern seperti ini belanja bukan lagi sekedar kegiatan untuk mendapatkan barang kebutuhan, namun sudah menjadi gaya hidup. Ditunjang dengan semakin banyaknya pusat perbelanjaan (mall), penawaran diskon belanja dan kemudahan belanja online membuat hobi belanja menular ke siapapun juga.

Banyak penjual yang menggunakan strategi penjualan dengan membuat diskon belanja. Namun ada beberapa penjual yang memiliki motif tertentu dibalik program diskon yang membuat konsumen tidak sadar bahwa dirinya sebenarnya rugi atau membeli barang yang harganya normal. Ingin tahu apa saja jebakan diskon yang biasanya dilakukan oleh penjual? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Harga Barang Dinaikkan Sebelum Didiskon

Sistem diskon seperti ini banyak dijadikan cara untuk mendapatkan keuntungan dan mengelabui pembeli. Cara ini licik dan melanggar hukum, bahkan bisa dibilang sebagai bentuk penipuan. Namun jangan khawatir karena sedikit penjual yang melakukan hal ini, apalagi jika barang yang dijualnya bermerk. Karena hal ini mempertaruhkan nama baik brand itu sendiri.

Menjual Barang Stok Lama

Menjual barang stok lama merupakan motif yang banyak ditemui saat diskon. Biasanya istilah yang digunakan adalah “cuci gudang” atau “garage sale”. Banyak orang yang tidak peduli dengan barang yang dijual apakah stok lama atau baru, karena yang penting harganya lebih murah dibandingkan dengan harga aslinya. Namun bagi orang yang selalu update fashion seringkali merasa tertipu. Jadi sebelum membeli pastikan dulu apakah barang yang didiskon tersebut trand lama atau baru.

Menjual Barang Cacat/ Rusak

Tidak sedikit para penjual yang menjual barang yang cacat atau produk reject dengan harga diskon. Agar tidak mendapatkan barang ini, harus hati-hati dan teliti saat memilih barang. Jangan sampai pakaian yang dibeli ternyata ada lobang atau jahitannya lepas. Atau barang elektronik yang dibeli ternyata tidak bisa berfungsi dengan baik. Apabila kerusakannya masih bisa ditolerir dan fungsinya masih bisa berjalan dengan baik, silahkan beli. Tapi jika fungsinya terganggu sebaiknya lupakan saja dan pilih barang yang lain.

Barang Yang Mendekati Tanggal Kadaluarsa

Biasanya poin ini berlaku untuk makanan atau  kosmetik. Agar laku makanan yang hampir mendekati tanggal kadaluarsa dijual dengan harga diskon, biasanya jika makanan kering ciri-cirinya tidak mencolok. Namun jika sejenis makanan basah akan terlihat perubahan warna, bau dsb. Jadi berhati-hatilan dan periksa tanggal kadaluarsanya jika ada diskon makanan.

Diskon Bersyarat

Diskon sejenis ini biasanya disertai dengan penambahan syarat-syarat tertentu. Misalnya beli dua gratis satu atau belanja gula pasir diskon 50% jika belanja dengan jumlah minimal Rp100.000,- . Konsumen merasa beruntung mendapatkan harga gula setengah dari harga normal. Namun sebenarnya Anda bisa lebih banyak berbelanja karena ada harga minimalnya.

Demikian diskon belanja yang kadang bisa menjadi jebakan, jadi sebaiknya sebelum belanja pelajari lebih dulu pola diskon yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *