Strategi Pembisnis Dalam Menetapkan Info Harga Barang

    HomeInfo Harga Strategi Pembisnis Dalam Menetapkan Info Harga Barang

Strategi Pembisnis Dalam Menetapkan Info Harga Barang

admin

Agar sukses menjual barang dagangan setiap pedagang/ pembisnis harus menetapkan harga yang tepat. Harga merupakan unsure bauran pemasaran yang memberikan pemasukan bagi pedagang. Harga sifatnya fleksibel, dapat berubah dengan cepat. Sebelum menentukan info harga barang yang akan dijual sebaiknya ketahui tujuan penetapan harga. Berikut ini penjelasannya.

Berorientasi Pada Laba

Teori klasik menyatakan bahwa perusahaan atau penjual selalu memilih harga yang dapat menghasilkan keuntungan yang paling tinggi, istilahnya adalah memaksimalkan keuntungan. Semakin ketatnya persaingan semakin banyak variable yang mempengaruhi daya saing sehingga tidak mungkin dapat mengetahui secara pasti harga yang dihasilkan dari laba maksimum.

Oleh sebab itu ada perusahaan atau pembisnis yang menggunakan pendekatan dengan berorientasi pada laba yang digunakan.

Berorientasi Pada Volume

Selain tujuannya pada keuntungan, ada juga perusahaan yang memberikan harga berdasarkan volume tertentu atau dikenal dengan istilah volume pricing objective. Biasanya cara menentukan harga ini banayk digunakan oleh perusahaan penerbangan.

Berorientasi Pada Citra

Image atau citra suatu perusahaan dapat dibentuk karena strategi penetapan harga. Jika harga yang ditetapkan tinggi biasanya akan membentuk citra prestisius. Sedangkan harga yang rendahakan membentuk citra berdasarkan nilai tertentu.

Berorientasi Pada Stabilisasi Harga

Pasar yang kondisi konsumennya sensitive terhadap harga yang diturunkan maka para pesaingnya akan mengikuti harga yang diturunkan. Kondisi seperti ini menjadi dasar terbentuknya stabilisasi harga di dalam dunia industri tertentu misalnya: minyak bumi, kebutuhan pokok dsb.

Berorientasi Pada Tujuan Lain

Penetapan harga bisa juga karena tujuannya mencegah pesaing, mempertahankan pelanggan, mendukung penjualan yang berulang atau menghindari campur tangan pihak lain (pemerintah).

Tujuan penetapan harga berperan dalam strategi menghadapi persaingan. Selainitu metode penetapan info harga juga harus tepat. Ada empat jenis metode penetapan harga, yaitu: berbasis keuntungan, berbasis biaya, berbasis permintaan dan berbasis persaingan.

  • Metode penetapan harga berdasarkan permintaan berdasarkan pada permintaan pelanggan atas dasar pertimbangan seperti: kemampuan para pelanggan, kemauan, perilaku konsumen secara umum, manfaat dari produk dsb.
  • Metode penetapan harga berbasis biaya adalah mempertimbangkan aspek penawaran bukan permintaan. Biasanya harga ditetapkan berdasarkan biaya produksi, biaya pemasaran dan biaya lainnya.
  • Metode penetapan harga berbasis laba adalah metode yang menyeimbangkan pendapatan dan penetapan harga.
  • Metode penetapan harga berbasis persaingan adalah harga yang ditetapkan karena atas dasar persaingan.

Selain metode penetapan harga, penting juga melakukan penyesuaian khusus misalnya :diskon, allowance dan penyesuaian wilayah atau geografis. Allowance hampir mirip dengan diskon namun pengurangan harga dilakukan berdasarkan daftar atau price list kepada pembeli karena terjadi aktivitas tertentu yang dilakukan oleh pembeli.

Demikian informasi seputar penetapan info harga barang, semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *