Langkah Jitu Menyikapi diskon

    Home/Tips & Trik / Langkah Jitu Menyikapi diskon
Langkah Jitu Menyikapi diskon

Langkah Jitu Menyikapi diskon

admin

Diskon memang sungguh menggiurkan. Namun, anda harus pandai dalam menyikapi diskon. Ini penting, karena banyak sekali orang yang suka belanja yang terjebak dalam godaan diskon. Maka, kita harus bijak dalam menghadapinya. Alih-alih ingin berhemat dengan memburu diskon, orang-orang justru terjebak dalam keborosan. Orang-orang membeli barang semata-mata karena iming-iming diskon.

Akhirnya, pengeluaran yang tak semestinya harus dikeluarkan untuk hal-hal yang tak produktif. Seperti barang-barang obral yang tak jelas fungsinya. Maka, dibutuhkan cara khusus untuk menyikapi diskon. Berikut ini adalah beberapa langkah jitu untuk menghadapi diskon.

  • Jangan gegabah

Pertama-tama jika anda melihat sebuah pamflet tentang diskon besar-besaran sebaiknya jangan tergugah dulu. Pahami dulu. Jangan gegabah. Ini adalah langkah pertama yang paling sederhana apabila kita melihat sebuah diskon.

Ini adalah momen untuk membuat anda berpikir penuh pertimbangan. Cara ini adalah sebagian dari langkah jitu untuk menghadapi segala rayuan diskon. Semoga dengan cara ini anda bisa membuat pilihan yang tepat dan tak melulu tergoda membeli barang hanya karena sebuah diskon.

  • Buat Perencanaan

Maka, langkah selanjutnya setelah berhenti sejenak untuk tidak gegabah, anda juga harus membuat perencanaan. Ini penting. Karena tanpa perencanaan yang matang, maka anda akhirnya hanya terjebak dalam belenggu keborosan.

Perencanaan ini berfungsi untuk membuat anda lebih bijak lagi dalam berbelanja. Langkah awal ketika membuat perencaan, anda harus membuat beberapa daftar. Pertama, adalah daftar barang apa saja yang mesti anda belu. Buatlah ceklis beberapa barang itu. Carilah barang yang anda butuhkan. Bukan barang yang anda inginkan.

Setelah itu, anda bisa membuat daftar keuangan budget anda. Usahakan jangan sampai keluar dari rencana itu. Disiplinla dalam belanja.

  • Datang paling awal

Jangan datang di bagian akhir. Datanglah paling awal. Ini mengantisipasi anda agar tak kehabisan barang di awal. Karena biasanya, barang yang bagus akan habis di pekan awal pembukaan. Maka, agar anda kebagian, sebaiknya anda datang di awal.

  • Mempertimbangkan harga

Harga juga harus menjadi pertimbangan anda. Ini penting karena tak semua barang diskon itu ideal. Ada beberapa barang diskon yang sebenarnya harganya hanya permainan si produsen barang saja. Dan harganya pun masih tergolong mahal sekali. Jadi, anda harus bijak dalam menentukannya. Ini penting, karena untuk apa anda menghadiri pekan diskon jika hanya untuk membeli barang yang mahal.

  • Memilih dengan seksama

Anda juga harus pandai memilih. Pilihlah barang dengan teliti. Ini untuk menjaga anda tidak terkecoh hanya karena diskon. Sebab, sangat banyak sekali barang diskon yang justru mengandung cacat. Inilah yang patut diperhatikan dengan baik.

Ya, berikut tadi adalah beberapa tips jitu menyikapi diskon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *