Info Diskon, Kenali Jenis Promo Yang Perlu Anda Ketahui

    Home/Info Diskon / Info Diskon, Kenali Jenis Promo Yang Perlu Anda Ketahui
Info Diskon, Kenali Jenis Promo Yang Perlu Anda Ketahui

Info Diskon, Kenali Jenis Promo Yang Perlu Anda Ketahui

admin

Program diskon adalah salah satu moment yang ditunggu banyak orang untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga murah. Diskon adalah istilah yang digunakan oleh para agen, grosir atau pengecer kepada konsumen. Ada beberapa info diskon yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Cara Perhitungan Diskon

Diskon dapat dibedakan menjadi beberapa jenis dengan cara perhitungan yang berbeda, yaitu:

  1. Diskon Tunggal, misalnya harga celana Rp 100.000,- kemudian diskon 20% maka harganya menjadi Rp 80.000,-.
  2. Diskon Ganda, misalnya harga celana Rp 100.000,- kemudian diskon 30%=20%. lalu apakah artinya diskonnya menjadi 50%? untuk lebih jelasnya berikut cara perhitungannya:
  • (100% – 30%) x 100.000  = 70.000
  • (100% – 20%) x 70.000 = 56.000

Jadi harga celana yang harus dibayar adalah Rp 56.000,-

Jenis-Jenis Diskon

Bagi Anda pemburu barang diskon, perlu mengetahui info diskon mengenai jenis-jenis diskon yang akan kita bahas berikut ini:

  • Buy One Get One

Apakah Anda pernah mendengar promosi jenis ini? banyak orang yang terjebak dengan jenis diskon ini. Mereka seakan akan merasa mendapatkan keuntungan mendapatkan barang gratis setelah membeli suatu produk yang disarankan. Masalahnya barang yang harus dibeli tersebut biasanya dibandrol dengan harga murah, atau sebaliknya bonus yang diberikan harganya murah dan barang yang wajibnya dibandrol dengan harga yang mahal.

  • Diskon Dengan Waktu Terbatas

Ada banyak diskon yang dilakukan hanya dalam waktu-waktu tertentu. Bahkan ada yang dilakukan hanya beberapa jam saja. Trik ini tujuannya agar pembeli tergesa-gesa dan harus membeli barang pada waktu itu karena takut kehabisan.

  • Diskon up to … %

Diskon berikutnya ini juga sering kita temukan. Banyak dari kita yang tertipu karena maksudnya adalah diskon sampai sekian persen. Jadi belum tentu barang yang dijual semuanya didiskon misalnya up to 70%.

  • Diskon Anggota

Diskon anggota atau member sekarang menjadi trand yang digunakan oleh para perusahaan riter. Diskon ini berikan hanya untuk para member, jadi syarat untuk mendapatkan potongan harga sebelumnya harus menjadi anggota terlebih dulu dan memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. Jika Anda menjadi anggota mungkin bisa mendapatkan bonus khusus beberapa produk tapi perhatikan kembali berapa selisih bonus harga dengan harga aslinya.

  • Voucher Belanja

Voucher belanja biasanya diberikan kepada konsumen sebagai wujud penghargaan dari penjual telah belanja. Biasanya untuk mendapatkan voucher ini, konsumen terlebih dulu harus belanja barang dengan total belanja sesuai dengan total yang sudah ditentukan. Jika Anda mendapatkan voucher belanja lihat tanggal kadaluarsanya. karena biasanya voucher memiliki tengat waktu yang sudah ditentukan.

Demikianlah info diskon yang perlu Anda ketahui. Sebagai konsumen cerdas sudah seharusnya lebih teliti dan mengetahui seputar diskon agar bisa lebih cermat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *