Tips Memberikan Harga Diskon Namun Dapat Keuntungan

    HomeTips & Trik Tips Memberikan Harga Diskon Namun Dapat Keuntungan

Tips Memberikan Harga Diskon Namun Dapat Keuntungan

admin

Semua orang menyukai diskon karena  mereka bisa mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan harga yang murah. Hal ini bisa dijadikan strategi pedagang  untuk meningkatkan penghasilan. Namun jika tidak dilakukan dengan tepat hasilnya bisa sebaliknya, Anda akan mengalami kerugian. Jadi pikirkan dengan matang barang dan cara memberi harga diskon. Semuanya akan kita bahas dalam artikel ini.

Tujuan Diskon

Biasanya para pedagang memberikan harga diskon dengan tujuan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sebagai sarana kegiatan marketing yang lebih efektif dan efisien
  • Meningkatkan penjualan dengan cepat.

Langkah Awal

Promosi yang dilakukan oleh para pedagang, bukan hanya pemberian diskon saja tapi bisa juga potongan harga, give away, cashbac. Pertanyaannya adalah jika memberikan diskon dari manakah keuntungannya? Nah berikut ini langkah awal untuk mendapatkan keuntungan dari program diskon yang Anda buat.

  1. Mengidentifikasikan keuntungan, break even poin atau mark up dengan harga yang masuk akal.
  2. Mengidentifikasikan diskon penjualan dengan menjual barang yang masih menghasilkan keuntungan.
  3. Mencari informasi mengenai apa yang dilakukan oleh competitor atau pesaing mengeai diskon dan promosi yang sama dengan Anda.
  4. Pikirkan cara tepat agar penjualan meningkat tanpa harus menurunkan harga.
  5. Mengidentifikasikan berapa lama waktu, barang apa yang selama setahun penjualannya menurun.

Strategi Diskon

Nah setelah Anda mengambil langkah dari poin diatas baru kemudian mencari strategi diskon yang tepat untuk produk Anda.

  • Pahami Psikologi Harga

Anda bisa mempelajari psikologi penetapan harga. Misalnya menjual produk dengan harga Rp 9.900,- atau Rp 16.999,-. Harga tersebut mempengaruhi keputusan calon konsumen untuk membeli barang yangAnda jual. Walaupun pada kenyataannya harga Rp 17.000,- atau Rp 1000,- sama murahnya. Namun ternyata harga pertama lebih menarik bagi para calon konsumen.

  • Presentasi Diskon

Menawarkan diskon dengan berdasarkan presentasi tertentu adalah salah satu cara popular untuk memberikan penawaran insentif pada pembelian. Presentasi yang diberikan oleh Anda benar-benar tergantung berapa banyak Anda ingin mengarahkannya. Misalnya, Anda bisa saja dengan mudah menawarkan diskon 5%-10%. Hal ini hanya untuk menarik perhatian minat calon konsumen untuk mengambil keputusan membeli barang.

Jika diskon yang diberikan besar hingga 25% , 50%, 70 % bisa digunakan untuk barang stok lama yang hanya terlalu memenuhi ruangan saja. Artinya, diskon dengan persen besar sebaiknya untuk menghabiskan barang-barang lama saja.

  • Promosikan Event Diskon

Salah satu mempertahankan minat konsumen dan pelanggan dan menjaga hasil penjualan adalah dengan memberikan diskon khusus. Hal ini membuat para konsumen dan pelanggan dispesialkan atau diperhatikan. Anda bisa memberikan harga diskon kepada pelanggan saat moment-moment tertentu. Cara ini bisa menarik minat calon konsumen membeli produk yang Anda jual agar bisa mendapatkan diskon khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *