Mengenal Seluk Beluk Istilah Potongan Harga

    HomeInfo Diskon Mengenal Seluk Beluk Istilah Potongan Harga

Mengenal Seluk Beluk Istilah Potongan Harga

admin

Kita kadang masih sering bingung dengan istilah yang kerap kita temukan di berbagai pusat perbelanjaan maupun toko online, mengenai kata Potongan Harga. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan istilah tersebut. Banyak kamus dan definisi ekonomi yang sering membahasnya. Untuk menambah referensi pengetahuan Anda, kami akan bagikan sedikit informasi kembali mengenai istilah yang kadang membuat orang-orang tergiur untuk mendatangi pusat perbelanjaan.

Potongan harga adalah pengurangan dari apa yang tercantum di dalam daftar harga, serta diberikan kepada yang bersedia melakukan sesuatu pembelian produk yang telah disepakati oleh penjual. pemberian potongan harga dapat berwujud uang, atau tambahan barang. sedangakan yang dimasud dengan daftar ahrga adalah suatu daftar yang berisikan/memuat harga barang-barang untuk kepentingan penjual dan pembeli.

Tambahan barang yang diberikan penjual terhadap pembeli ada kemungkinan barang-barang tersebut susut,rusak.Potongan harga yang diberikan penjual kepada pembeli, adalah sebagai berikut :

1). Potongan fungsional (trade or functional discount)

Potongan fungsional biasanya diberikan kepada para penyalur.

2) Rabat

Rabat adalah potongan yang diberikan kepadapembeli dari penjual karena membeli barang dalam jumlah yang banyak. Potongan rabat disebut juga potongan kuantitas

(quantity discount).

3) Kontan

(cash discount) potongan ini, diberikan oleh poenjual kepada pembeli karena membeli baraang secara tunai atau membeli barang dalam jangka pendek

4). Potongan rafaksi adalah potongan khusus yang diberikan penjual kepada pembeli karena adanya perubahan perhitungan berat misalnya ;akibat kerusakan yangterjadi selama barang dalam pengangkutan

5) Potongan order dini (early order discount)

Potongan ini adalah potongan yang diberikan kepada pembeli karena order (pesanan) masih dini. Misalnya 3 bulan sebelum Idul Fitri sudah pesan barangnya.

6) Potongan kelompok (group discount)

Potongan kelompok adalah potongan yang diberikan kepada pembeli yang dihimpun dalam kelompok (group) atau organisasi.

7) Tarra

Tarra adalah potongan timbangan pembungkus barang yang diberikan penjual kepada pembeli, karena barang yang diserahkan ternyata barangnya masih terbungkus.

Bentuk potongan lainnya adalah :

  • Potongan kuantitas (Quantity Discount)        

Potongan kuantias adlah potongan dari harga yang tercatat yang ditawarkan penjual agar konsumen membeli dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya atau bersedia memusatkan pembeliannya pada penjual yang sama. Potongan kuantitas dapat dilakukan dengan menggunakan dua macam cara yaitu :

  • Potongan kuantitas non kumulatif yaitu potongan yang didasarkan pada jumlah setiap pesanan untuk satu atau beberapa produk, misalnya; pembeli dapat membeli satu unit barang dengan harga Rp 1.000,00 tetapi kalau membeli 3 unit yang bersangkutan hanya cukup membayar Rp 2.500,00 saja. Potongan kuantitas non kumulatif ini dapat mendorong pembeli untuk memesan / membeli dalam jumlah yang lebih besar.
  • Potongan kuantitas kumulatif adalah potongan yang didasarkan pada volume total yang dibeli selama satu periode tertentu. Bagi penjual cara seperti  ini dapat mengikat pembeli untuk membeli berkali-kali pada penjual yang sama. Tipe potongan ini terutama berguna bagi penjualan produk yang tidak tahan lama, karena konsumen diranngsang untuk  membeli persediaan/stok barusecara lebih sering sehingga produk tidak akan basi/layu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *