Tips Strategi Belanja Bulanan Untuk Pemula

    HomeTips & Trik Tips Strategi Belanja Bulanan Untuk Pemula

Tips Strategi Belanja Bulanan Untuk Pemula

admin

Strategi belanja —- Kerap kali banyak di antara kita yang sering masih sering boros ketika hendak melakukan belanja bulanan. Entah ingin membeli barang diskon, atau membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Sebenarnya banyak cara untuk bisa berhemat, ketika Anda mendapatkan gaji bulanan dan uang tersebut masih bisa disisakan sampai bulan depan, asalkan Anda mengetahui strategi dalam berbelanja.

Berikut tips strategi belanja bulanan untuk pemula:

Membuat perencanaan keuangan bulanan:

Semua hal pastinya dimulai dari sebuah rencana. Mulailah membuat rencana keuangan, dimulai dari daftar pengeluaran harian, bulanan, sampai daftar pengeluaran sekunder. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan proyeksi atau gambaran yang jelas mengenai berapa yang bisa kamu anggarkan untuk tiap bagian setiap bulannya. Dengan begitu pula, kamu akan memiliki uang di akhir bulan atau di tanggal tua.

Berhemat ditanggal muda dan berbelanja ditanggal tua:

Logikanya, ketika kita berhemat pada tanggal muda, tanggal dimana pendapatan atau gaji cair ke rekening kamu, dan kemudian berbelanja pada tanggal tua, Sahabat tidak akan kebingungan nanti di tanggal tua, karena tabunganmu masih melimpah ruah. Baiknya lagi, di akhir bulan kamu punya lebih banyak pilihan belanjaan yang sekiranya kamu sangat inginkan dan sesuai budget kamu lho.

Batasi pengambilan uang melalui ATM:

Salah satu kelemahan ATM adalah karena mudahnya pengambilan uang. Kamu tidak perlu mengantri berjam-jam. Dan akibatnya, kamu tidak bisa mengontrol pengambilan tersebut.Maka dari itu, sebaiknya mulailah batasi dirimu. Buat jadwal kapan kamu harus ke ATM. Bisa seminggu sekali atau sebulan sekali. Sehingga uang yang kamu simpan dalam tabungan akan tetap utuh di akhir bulan.

Catat pengeluaran:

Mencatat pengeluaran dapat kamu mulai dengan hal-hal mudah, seperti menyimpan struk belanja yang kamu dapatkan setiap kali berbelanja. Catat juga semua pengeluaran kamu setiap harinya. Cara ini dapat membantu kamu mengetahui kemana saja uang yang digunakan di awal bulan, disamping itu, hal ini juga dapat membantu kamu menganalisa barang-barang apa saja yang sebenarnya tidak harus kamu beli dimasa atau periode yang akan datang

Reminder on your cellphone:

Buatlah suatu pengingat di ponsel Anda, atau buku agenda, agar Anda bisa berhemat di setiap bulan. Misalnya buatlah reminder di seluler Anda untuk menghemat membeli jajanan di kos.

Menabung:

Menabunglah sebesar 30% dari pendapatan selama sebulan. Buatlah reminder di ponsel untuk itu. Alokasi dana untuk tabungan selalu berguna untuk tujuan apa pun

Jadi mau tidak mau Anda harus menabung dan sisihkan pendapatan Anda agar Anda bisa berbelanja apapun kebutuhan yang sedang anda butuhkan. Ini adalah salah satu strategi belanja yang cukup ampuh. Sekian dan terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *