Tips Bijak dalam Menyikapi Diskon Besar-besaran Agar Tidak Stress Usai Belanja

    Home/Tips & Trik / Tips Bijak dalam Menyikapi Diskon Besar-besaran Agar Tidak Stress Usai Belanja
Tips Bijak dalam Menyikapi Diskon Besar-besaran Agar Tidak Stress Usai Belanja

Tips Bijak dalam Menyikapi Diskon Besar-besaran Agar Tidak Stress Usai Belanja

admin

Bijak dalam menyikapi diskon di akhir atau awal bulan tentu penting untuk dilakukan, supaya tidak membuat pengeluaran justru kebablasan. Diskon merupakan promo yang diadakan oleh berbagai tempat belanja secara berkala, tujuan diadakannya promo ini pun beragam. Misalnya karena toko memiliki stock yang terlalu banyak di gudang maka ada istilah ‘cuci gudang’ yang produk ini kemudian dijual dengan harga yang di banting dengan keras, alias dijual sangat murah. Diskon juga diberlakukan sebagai ajang promosi terlebih untuk toko baru, bisa pula untuk menjual produk cacat.

Tips Menyikapi Promo Diskon

Apapun tujuan suatu tempat belanja mengadakan diskon besar-besaran yang berlaku hanya sehari atau sepekan. Usahakan untuk menyikapinya dengan bijak dan berikut tips yang patut untuk dicoba:

Baca juga: 4 Cara Menyikapi Diskon Akhir Bulan

  • Mencatat apa saja yang butuh dibeli,

Melihat banyak barang menarik diberikan diskon ketika sampai di meja kasir membuat mata mudah kalap dan asal ambil. Menghindari total belanja melebihi budget maka sedari rumah sudah menyusun daftar belanjaan. Sesampainya di toko patuhi daftar belanja tersebut sehingga diskon memang membuat kantong tetap gendut bukan sebaliknya.

  • Siapkan anggaran secara khusus,

Banyak orang saat promo diskon khawatir tabungan dan uang gajian ludes sekali belanja karena saking banyaknya produk yang menarik. Usai belanja yang ada malah pikiran stress karena uang untuk keperluan hidup selama sebulan ke depan tinggal sedikit. Tidak mau ‘kan punya nasib demikian? Nah, alangkah baiknya menyiapkan tabungan khusus yang sudah dikumpulkan jauh-jauh hari sebagai dana jaga-jaga saat promo diskon berlangsung. Menyiapkan anggaran khusus ini dijamin menjadi cara bijak menyikapi diskon sebab tidak mengambil jatah kebutuhan lain.

  • Lebih dianjurkan membawa uang tunai,

Supaya lebih bijak dalam memilih produk kena diskon di mall ataupun toko di luar pusat perbelanjaan. Maka lebih dianjurkan untuk membawa uang tunai dan meninggalkan semua kartu kredit dan juga kartu debit. Tujuannya untuk menghindari transaksi melebihi rencana, sebab besar kemungkinan saat diskon di obral belanja akan melebihi dari apa yang sudah direncanakan. Kalau tidak mau jatuhnya boros karena ada diskon maka dianjurkan membawa uang tunai agar berpikir dua kali sebelum barang diambil.

  • Mengajak teman sebagai tuas rem saat belanja,

Butuh rem cakram saat belanja kebablasan dan tersesat hingga tidak tahu arah harus belanja barang apa saja? Nah, Anda wajib sekali membawa teman untuk berbelanja baik sahabat dekat ataupun keluarga dan pasangan sendiri. Adanya teman akan membantu mengontrol barang belanjaan agar tidak berlebihan. Sebab mereka akan selalu memberi masukan dan saran baiknya mengambil barang apa dan yang harus ditinggalkan mana saja. Melalui cara ini keinginan bijak menyikapi diskon akan lebih mudah diwujudkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *