Tips Cerdas Memperoleh Harga Mesin Cuci yang Murah untuk Usaha Laundry Anda

    Home/Tips & Trik / Tips Cerdas Memperoleh Harga Mesin Cuci yang Murah untuk Usaha Laundry Anda
Tips Cerdas Memperoleh Harga Mesin Cuci yang Murah untuk Usaha Laundry Anda

Tips Cerdas Memperoleh Harga Mesin Cuci yang Murah untuk Usaha Laundry Anda

admin

Usaha laundry beberapa tahun belakangan ini memang banyak diminati masyarakat Indonesia. Terbukti dengan menjamurnya usaha laundry di beberapa lokasi dan wilayah tertentu. Memang bagi sebagian orang, usaha laundry bisa jadi bisnis dengan modal menengah yang mudah dijalani dan resikonya tidak terlalu besar. Bagi Anda yang ingin memulai usaha laundry, mesin cuci yang murah tetapi masih bagus memang jadi pilihan yang tepat, terutama jika Anda memiliki budget yang pas-pasan. Namun seringkali timbul pertanyaan bagaimana cara memperoleh harga mesin cuci yang murah dengan kualitas bagus.

Berikut ini adalah tips cerdas untuk memperoleh mesin cuci yang murah untuk usaha laundry Anda:

Baca juga: Daftar Harga Mesin Cuci Berbagai Merk untuk Kelas Menengah

  • Atur budget Anda.

Karena baru saja akan mulai usaha, Anda perlu benar-benar memperhitungkan masalah budget. Buatlah estimasi dan kalkulasi budget yang Anda perlukan untuk membeli mesin cuci. Misalkan 50-60% dari total budget Anda. Sisanya bisa Anda gunakan untuk melengkapi kebutuhan laundry yang lainnya. Dengan demikian, perlengkapan dan peralatan laundry Anda benar-benar sempurna. Mengatur budget juga merupakan bagian persiapan yang matang.

  • Bandingkan tingkat ekonomisnya.

Harga mesin cuci merek A mungkin saja murah dan dilihat dari beberapa fitur lebih unggul daripada mesin cuci B. Namun ternyata dilihat dari kapasitas tabungnya, mesin cuci B lebih besar daripada mesin cuci A sehingga ini lebih menguntungkan karena Anda bisa mencuci lebih banyak. Begitu juga dengan listriknya, mesin cuci C mungkin saja lebih murah dan tabungnya lebih besar, namun ternyata mesin cuci D lebih irit listrik dan lebih bisa menyesuaikan daya listrik di rumah Anda. Anda harus bisa membandingkan tingkat ekonomis dari masing-masing mesin cuci yang ingin Anda beli.

  • Gunakan mesin cuci front loading.

Mesin cuci front loading memang memiliki keunggulan tersendiri terutama untuk usaha laundry. Beberapa keunggulan yang dimilikinya antara lain: lebih irit air dan deterjen, proses pencucian semua otomatis tidak seperti mesin cuci 2 tabung, pakaian jadi lebih cepat kering bahkan ada yang tidak perlu dijemur lagi dan yang paling penting mesin cuci front loading tidak mudah merusak pakaian sehingga menghindari komplain dari pelanggan.

  • Membeli bekas.

Ini adalah cara paling mudah untuk bisa memperoleh mesin cuci laundry yang murah. Harga mesin cuci bekas bisa 30-50% lebih murah daripada mesin cuci yang masih baru. Tentu ini akan sangat menguntungkan karena Anda bisa menghemat pengeluaran atau membeli lebih banyak unit mesin cuci. Namun pastikan jika membeli bekas, Anda harus benar-benar memperhatikan dan mempertimbangkan kekurangan dari mesin cuci tersebut. Jangan langsung membeli sebelum benar-benar mencobanya, pastikan juga penjual memberikan garansi jika terjadi sesuatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *