Membeli Barang Bekas Lebih Baik daripada Beli Barang KW, Ini Alasannya!

    HomeTips & Trik Membeli Barang Bekas Lebih Baik daripada Beli Barang KW, Ini Alasannya!

Membeli Barang Bekas Lebih Baik daripada Beli Barang KW, Ini Alasannya!

admin

Barang bekas atau second atau yang juga dikenal dengan sebutan “preloved” merupakan barang-barang yang sudah dipakai namun masih memiliki nilai guna sehingga masih bisa dijual. Bagi banyak orang, membeli barang second tapi original lebih baik daripada membeli barang-barang tiruan atau KW. Memang jika dilihat dari beberapa hal, barang second atau preloved memiliki keunggulan tersendiri yang membuatnya hingga saat ini masih banyak peminatnya. Ini dia ulasannya:

Baca juga: Tips Membeli Pakaian Murah Bekas Impor

  • Lebih murah, lebih hemat.

Harga murah memang sering kali jadi alasan bagi seseorang dalam membeli barang. Namun terkadang ada barang yang kita inginkan namun harganya masih cukup tinggi jika kita membeli baru. Oleh karena itu, barang second sering jadi pilihan bagi mereka yang menginginkan suatu barang namun budget belum cukup untuk beli yang baru. Hal ini tentu juga bisa mendorong kita lebih hemat, jika membeli baju branded di toko misalnya, satu baju dibanderol ratusan ribu, tapi jika membeli baju second uang ratusan ribu bisa dapat 2-3 macam baju branded.

  • Berkurangnya penyusutan nilai barang.

Membeli barang second, terutama jika harganya sudah cukup jatuh/merosot biasanya nilai penyusutan harganya juga tidak akan terlalu besar. Tak seperti jika membeli barang baru kemudian dijual kembali. Jadi kita juga tidak terlalu rugi jika membeli barang second lalu menjualnya kembali. Tidak ada yang tahu apakah barang bekas tersebut tangan pertama atau tangan kedua dan seterusnya selama kondisinya masih bagus atau masih dapat dipakai dengan baik.

  • Masih bisa untuk beli yang lain.

Jika Anda memiliki anggaran dengan nominal sekian rupiah untuk membeli 2 barang yang memang benar-benar Anda butuhkan namun ternyata masih kurang untuk membeli barang yang masih baru, maka dengan membeli satu atau keduanya dalam kondisi second dapat ‘menyelamatkan’ anggaran Anda. Anda tidak perlu mengorbankan salah satu barang hanya untuk bisa memakai barang yang lain. Bahkan jika Anda membeli barang second, tidak menutup kemungkinan masih ada sisa uang yang bisa Anda gunakan untuk membeli barang yang lain.

  • Ramah lingkungan.

Membeli barang bekas ternyata juga termasuk ke dalam aksi ramah lingkungan. Karena itu berarti bahwa kita mengurangi peredaran barang baru yang nantinya juga akan menjadi barang second atau bahkan sampah padahal barang-barang tersebut ternyata punya waktu daur ulang yang cukup lama. Tahukah Anda bahwa setiap tahun ada sekitar 40 juta ton sampah barang elektronik yang dibuang (berdasarkan survey yang dilakukan UNEP dari PBB). Oleh karena itu, memulai aksi 3R, yaitu Reduce, Re-Use dan Re-Cycle termasuk salah satunya dengan membeli barang second dapat sedikit membantu upaya pelestarian lingkungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *