Macam-macam Alat Masak untuk Membuat Kue yang Wajib Dimiliki

    Home/Tips & Trik / Macam-macam Alat Masak untuk Membuat Kue yang Wajib Dimiliki
Macam-macam Alat Masak untuk Membuat Kue yang Wajib Dimiliki

Macam-macam Alat Masak untuk Membuat Kue yang Wajib Dimiliki

admin

Membuat kue memang menjadi suatu tantangan tersendiri bagi tiap orang yang baru saja mencobanya. Karena membuat kue ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Ada rules tertentu yang memang harus kita patuhi pada saat membuat kue. Modifikasi resep memang bisa saja berhasil namun bisa saja sebaliknya, gagal total. Bahkan terkadang meskipun sudah benar-benar mengikuti resep, hasilnya masih kurang memuaskan. Bagi Anda yang berniat untuk mulai mencoba membuat kue, berikut ini adalah beberapa macam alat masak yang wajib Anda miliki:

  • Oven dan kukusan.

Kue basah maupun kering pada umumnya membutuhkan oven untuk memanggang. Ada 2 macam oven sebenarnya, oven listrik dan oven kompor. Jika budget Anda tidak memungkinkan untuk membeli oven listrik, maka sah-sah saja membeli oven kompor karena keduanya sama-sama memberikan hasil yang sempurna. Tak hanya oven saja yang Anda butuhkan untuk memasak kue, kukusan pun juga wajib Anda miliki sebab ada beberapa jenis kue yang dimasak dengan cara dikukus, bukan dipanggang.

  • Mixer.

Mixer memiliki fungsi untuk mengocok adonan, baik adonan telur, margarin, butter hingga tepung. Memang tidak semua kue dibuat dengan menggunakan mixer, ada beberapa jenis kue yang justru cara membuat adonannya hanya dengan tangan (diuleni) dan ada juga yang adonannya dibuat dengan menggunakan balloon whisk. Terlepas dari sering atau tidaknya Anda membuat kue, mixer wajib Anda miliki. Selain itu harga alat masak elektronik satu ini juga cukup terjangkau.

  • Timbangan dan gelas ukur.

Seperti yang sudah dikemukakan di awal tadi, bahwa resep tidak bisa dengan mudah dimodifikasi. Misalkan dikurangi atau ditambah takarannya, harus benar-benar tepat satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, jika Anda masih seorang yang pemula atau amatiran dalam hal mengolah kue, sebaiknya gunakan takaran yang sesuai seperti resep yang sudah tertulis. Anda tentu akan membutuhkan timbangan dan gelas ukur sehingga takaran untuk adonan kue bisa dihitung dengan lebih akurat. Namun beberapa bahan kue ada juga yang diukur dengan sendok yaitu sendok teh dan sendok makan.

  • Loyang kue, ayakan, spatula dan balloon whisk.

Anda tentu tidak bisa memanggang adonan kue jika tidak memiliki loyang, sehingga loyang kue juga harus masuk ke dalam alat memasak kue yang wajib Anda beli. Di pasaran ada berbagai jenis ukuran dan bentuk loyang, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Selain itu, alat masak lainnya yang Anda perlukan adalah ayakan yang berguna untuk menghaluskan tekstur tepung terigu dan bahan kering lainnya, spatula dan balloon whisk juga wajib Anda miliki dimana kedua alat ini berfungsi untuk mencampurkan adonan yang sudah di-mixer dengan bahan lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *