Lakukan 4 Kiat Ini Supaya Rencana Belanja Hemat Mudah Diwujudkan

    Home/Tips & Trik / Lakukan 4 Kiat Ini Supaya Rencana Belanja Hemat Mudah Diwujudkan
Lakukan 4 Kiat Ini Supaya Rencana Belanja Hemat Mudah Diwujudkan

Lakukan 4 Kiat Ini Supaya Rencana Belanja Hemat Mudah Diwujudkan

admin

Menjadikan belanja hemat sebagai kebiasaan tentu terbilang susah karena memang tempat belanja yang super murah masih sulit dicari. Biasanya orang akan berburu promo untuk bisa berhemat namun dalam setahun masa promo ini tentu hanya bisa dihitung dengan jari. Padahal kalau Anda mau jujur kebutuhan belanja tidak mungkin dipenuhi hanya mengandalkan even promo saja, sebab kebutuhan apapun dijamin terus berjalan. Minimnya budget untuk belanja tentu memudahkan siapa saja untuk berhemat karena akan selalu kroscek dengan isi kantong.

Kiat Agar Belanja Tidak Pernah Boros

Keinginan untuk berhemat ini justru terasa semakin sulit bagi mereka yang memiliki dana lebih, sehingga cenderung boros. Bagaimana mengatasinya? Beberapa kiat berikut sepertinya sangat menarik untuk dicoba:

Baca juga: Cara Berbelanja Hemat dengan Memanfaatkan Cuci Gudang

  • Selalu membuat daftar belanja,

Salah satu kiat dan strategi agar terhindar dari kegiatan boros saat berbelanja adalah membuat daftar belanja. Daftar ini disusun berdasarkan kebutuhan sehingga ketika dipatuhi maka dijamin hanya produk yang menjawab kebutuhanlah yang akan dibeli. Kemungkinan budget yang disediakan kurang tidak akan terjadi, maka buatlah daftar belanja dan patuhi isi di dalamnya.

  • Belanja dilakukan ketika ada yang diperlukan,

Sering-sering mendatangi tempat belanja menjadi tindakan yang membuat keinginan belanja hemat sulit untuk diwujudkan. Sebab setiap kali memasuki tempat belanja dijamin selalu memiliki keinginan besar untuk membeli beberapa produk. Padahal kalau dipikir tanpa berkunjung ke dalamnya maka dijamin uang di kantong tetap utuh, dan tidak semua belanjaan dibutuhkan. Maka kunjungi tempat belanja jika memang ada yang diperlukan supaya kontrol semakin mudah untuk dilakukan, Anda pun semakin mudah untuk menghemat biaya belanja bulanan.

  • Membawa uang tunai saat berbelanja,

Membiasakan diri untuk membawa kartu transaksi saat berbelanja bisa memperbesar kemungkinan menjadi pribadi yang boros. Terlebih untuk pemakaian kartu kredit dijamin semakin sulit melakukan kontrol karena merasa semua barang di tempat tersebut mampu untuk dibeli. Kesan murah akan muncul kalau memakai kartu saat berbelanja maka baiknya ditinggalkan saja di rumah. Selalu bawa uang tunai, jangan terlalu pas namun diberi lebihan, supaya belanja lebih terkontrol namun tidak ada resiko uang yang dibawa kurang.

  • Kunjungi tempat belanja yang mengajak berhemat,

Salah dalam memilih tempat belanja bisa memperbesar resiko untuk belanja secara berlebihan dan keluar dari perkiraan budget. Baiknya kunjungi tempat belanja yang tepat dan menyediakan produk yang dibutuhkan untuk mencegah tertarik belanja produk diluar yang dibutuhkan. Selain itu pilih tempat belanja paling hemat sebab beberapa toko atau mungkin swalayan dikenal paling murah diantara yang lainnya. Kalau Anda memang berencana berhemat maka sedikit selektif dalam memilih tempat belanja, supaya rencana belanja hemat bisa diwujudkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *