Cara Merawat Peralatan Dapur Agar Selalu Bersih dan Higienis

    HomeTips & Trik Cara Merawat Peralatan Dapur Agar Selalu Bersih dan Higienis

Cara Merawat Peralatan Dapur Agar Selalu Bersih dan Higienis

admin

Salah satu kebutuhan pokok bagi setiap keluarga di rumah adalah ketersediaan peralatan dapur. Makan menjadi salah satu kewajiban bagi setiap orang sehingga tanpa ketersediaan sarana untuk memasak dan juga menghidangkan makanan tentunya akan sangat sulit memenuhi kebutuhan hidup tersebut sendiri. Mungkin Anda bisa membeli di luar untuk kebutuhan makan. Namun coba hitung-hitung berapa besar pengeluarannya. Mengingat setiap anggota keluarga nantinya akan dibandrol untuk uang makan. Akan sangat boros untuk mengeluarkan satu keluarga.

Menghidangkan menu makanan yang nikmat dan sehat bisa dilakukan sendiri di rumah. Karena bahan dan juga proses dilakukan sendiri sehingga jaminan nilai gizinya lebih baik dibandingkan dengan hidangan yang dibeli dari luar. Untuk mendapatkan makanan yang sehat ini selain bahan dan proses ternyata peralatan dapur yang digunakan juga sangat mempengaruhinya, peralatan yang kondisinya bersih maka akan membantu sajikan cita rasa nikmat dan juga sehat pada makanan. Untuk itu ketahui bagaimana cara merawat alat-alat dapur agar senantiasa bersih dan juga dalam kondisi yang selalu sehat, diantaranya adalah:

  1. Hendaknya bersihkan alat-alat dapur seperti halnya wajah ataupun panci selepas dipakai, semakin lama Anda menunggu waktu untuk membersihkannya maka akan semakin sulit kotoran tersebut hilang. Untuk itu jauh lebih dirasakan langsung melakukan pencucian agar noda tak menempel terlalu lama.
  2. Khusus untuk kompor gas yang terkena noda dari makanan ataupun juga minyak, hendaknya juga buru-buru dicuci, proses pembersihan hendaknya juga jangan menggunakan air, melainkan dengan cairan pembersih khusus, cukup di semprotkan kemudian dilap pada bagian permukaannya. Hal tersebut sudah cukup untuk menghilangkan semua noda yang menempel dan membuatnya tetap kinclong.
  3. Gunakan pisau sesuai dengan fungsi mereka, misalnya adalah pisau daging yang secara khusus dipakai untuk memotong daging, pisau sayur, pisau buah dan sejenisnya. Hal ini akan mempermudah dalam pembersihannya dan juga mencegah timbulnya karat. Karena berbeda jenis pisau maka bahan pembuatannya terkadang juga berbeda.
  4. Pastikan untuk selalu mencuci piring dan juga sendok dengan menggunakan bahan pencuci yang tepat, meskipun sederhana, namun sering kali diantara ibu rumah tangga yang tak bisa menghilangkan bau bekas makanan secara menyeluruh, hal ini secara otomatis menyebabkan aroma piring dan juga sendok menjadi apek. Sehingga bisa menurunkan selera makan. Untuk itu cucilah dengan sabun pencuci piring yang tepat.

Menjaga kebersihan peralatan dapur juga sangat mempengaruhi kualitas selera makan, sehingga tak bisa dilakukan secara sembarangan. Hendaknya Anda yang juga memperhatikan kondisi atau kebersihan dari dapur, sehingga nantinya aktivitas memasak jadi kian higienis dan juga terjamin kesehatannya. Mulai dari mengelap setiap bagian atau permukaan dapur kemudian juga pastikan untuk selalu membuang sampahnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *