Tips Tepat Belanja Hemat di Akhir Bulan Agar Bisa Terealisasikan

    HomeTips & Trik Tips Tepat Belanja Hemat di Akhir Bulan Agar Bisa Terealisasikan

Tips Tepat Belanja Hemat di Akhir Bulan Agar Bisa Terealisasikan

admin

Akhir bulan seakan menjadi momok tersendiri bagi setiap orang apalagi yang gajian di awal bulan. Hal tersebut disebabkan karena di akhir bulan, uang bulanan menjadi menipis dan membuat Anda tidak bisa membeli beberapa jenis barang yang Anda butuhkan bahkan saat itu juga. Untuk bisa belanja hemat saat sedang akhir bulan, terdapat beberapa tips yang bisa membantu Anda.

Pertama adalah berhematlah di awal bulan. Saat awal bulan bagi sebagian besar orang terasa seperti surga karena bisa membeli barang apa saja yang diinginkan apalagi dengan uang bulanan yang baru saja diterima. Akan tetapi, berhemat di awal bulan bisa membantu Anda untuk berhemat di akhir bulan. Hal tersebut disebabkan karena kebiasaan yang Anda lakukan sehingga terbawa untuk tetap berhemat bahkan di akhir bulan. Dengan cara tersebut Anda bisa memiliki simpanan akhir bulan yang lebih banyak sehingga bisa digunakan untuk hal tertentu yang Anda butuhkan.

Kedua adalah membuat daftar barang yang akan dibeli. Salah satu hal yang menyebabkan belanja lebih boros adalah Anda membeli barang yang Anda lihat sehingga Anda mau untuk memiliki barang tersebut tanpa memikirkan berapa banyak transaksi yang harus Anda bayarkan. Karena hal tersebut, sebaiknya sebelum belanja, Anda mendata terlebih dahulu jenis barang mana yang akan Anda beli sehingga nantinya setelah barang tersebut Anda dapatkan Anda bisa langsung pulang tanpa tergoda untuk membeli barang yang lainnya. Dengan cara tersebut belanja hemat di akhir bulan Anda bisa terealisasikan.

Ketiga adalah menentukan apakah barang tersebut Anda butuhkan atau Anda inginkan. Salah satu penyebab boros adalah tidak bisa menentukan dan membedakan kebutuhan dan keinginan. Karena hal tersebut pikirkan terlebih dahulu apakah barang tersebut sedang Anda butuhkan atau Anda hanya ingin barang tersebut karena harganya yang murah, barang terbatas atau karena faktor yang lainnya.

Cara lainnya agar Anda bisa belanja hemat di akhir bulan adalah:

  • Buat pengingat. Anda bisa membuat pengingat misalnya di laptop, ponsel atau Anda ingat sendiri akan membeli barang apa nantinya di jangka waktu tertentu sehingga uang simpanan yang Anda miliki tersebut tidak digunakan untuk membeli barang yang Anda lihat namun bisa digunakan untuk membeli barang yang Anda inginkan.
  • Menggunakan promo yang diberikan oleh tempat tersebut. Anda bisa menggunakan promo yang diberikan tempat jual beli tersebut baik yang ada di online ataupun yang ada di offline sehingga nantinya Anda bisa produk yang sudah ditentukan dengan menggunakan promo tersebut.
  • Lihat harganya. Karena biasanya, harga akan menentukan keinginan seseorang untuk membeli barang misalnya barang yang harganya mahal tentunya tidak akan dibeli karena bisa membuat kantong semakin menipis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *