Tips Menata Peralatan Dapur yang Tepat Agar Lebih Terlihat Bersih dan Rapi

    HomeTips & Trik Tips Menata Peralatan Dapur yang Tepat Agar Lebih Terlihat Bersih dan Rapi

Tips Menata Peralatan Dapur yang Tepat Agar Lebih Terlihat Bersih dan Rapi

admin

Dapur yang bersih dan rapi akan membuat rumah tampak lebih enak dipandang. Apalagi dapur digunakan untuk membuat masakan yang akan dikonsumsi seluruh anggota keluarga. Pastinya suasana dan peralatan dapur yang bersih dan rapi akan membuat acara masak-memasak menjadi lebih menyenangkan, higienis dan cepat karena semua peralatan berada di tempat yang seharusnya sehingga lebih mudah dicari. Agar bisa mewujudkan dapur yang bersih dan rapi, yang harus Anda tata adalah peralatan yang sering digunakan seperti penggorengan, panic, wajan, hingga piring dan sendok. Sedangkan untuk peralatan besar seperti kompor, magic com, dan dispenser bisa diletakkan sesuai dengan ukuran dapur.

Agar peralatan di dapur Anda bisa membuat dapur terlihat lebih rapid an bersih, Anda bisa menatanya sesuai dengan tips-tips berikut ini:

  • Menggunakan rak piring.

Jika Anda memiliki rak piring, gunakan semaksimal mungkin sesuai dengan bentuk rak tersebut. Hendaknya semua piring bisa disimpan di dalam rak beserta dengan sendok dan garpu sehingga tak perlu menuju 2 arah yang berbeda untuk menyiapkan peralatan makan. Gelas dan cangkir juga bisa ditempatkan di sana jika ada gantungan khusus. Jika tidak, gelas dan cangkir bisa ditempatkan di dalam rak atau laci dengan cara dibalik agar bagian dalam tidak dimasuki debu.

  • Menggantung peralatan memasak.

Peralatan dapur yang sering digunakan seperti wajan, panci, penggorengan, saringan dan semua yang sering Anda pakai melebihi yang lainnya sebaiknya ditempatkan dengan cara digantung. Belilah gantungan pakaian dengan jarak yang lebih rapat untuk menggantung alat dapur yang kecil. Untuk panci dan wajan yang berukuran besar, buatlah alat gantung sendiri dengan jarak yang lebih lebar sehingga kedua peralatan tidak berdesakan.

  • Bumbu dapur.

Bumbu dapur merupakan bahan masakan yang selalu digunakan setiap kali memasak. Karenanya letakkan di tempat yang mudah dijangkau namun dengan tetap rapi yaitu menggunakan wadah kecil sesuai dengan jenisnya. Memilih wadah bumbu dapur juga bisa digunakan sebagai hiasan dapur karena saat ini banyak bentuk unik dan lucu untuk menyimpan bumbu dapur.

  • Pisau dapur.

Selain peralatan memasak yang telah disebutkan di atas, pisau merupakan senjata utama untuk bisa menghasilkan makanan enak. Jika Anda memiliki pisau dengan berbagai ukuran maka membuat tempat pisau khusus bisa dijadikan alternative penyimpanan. Namun jika tak ingin repot, Anda bisa menaruh pisau di laci dapur dan menguncinya saat tak digunakan agar tidak mudah ditemukan oleh anak kecil.

Tips menata peralatan dapur di atas akan bisa membuat dapur Anda tampak rapi dan bersih. Selain itu peralatan di dalamnya juga lebih bersih dan mudah ditemukan jika Anda selalu mengembalikan peralatan yang sudah digunakan pada tempatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *