Tips Membersihkan Perabot Dapur Agar Terlihat Lebih Higienis

    Home/Tips & Trik / Tips Membersihkan Perabot Dapur Agar Terlihat Lebih Higienis
Tips Membersihkan Perabot Dapur Agar Terlihat Lebih Higienis

Tips Membersihkan Perabot Dapur Agar Terlihat Lebih Higienis

admin

Dapur merupakan tempat membuat masakan yang nantinya akan dikonsumsi oleh manusia sehingga kebersihan dan kerapiannya perlu dijaga. Pada restoran berbintang bahkan dapur harus memenuhi standar tertentu agar bisa lolos uji sehingga mendapatkan sertifikasi dan layak disebut restoran berbintang. Di rumah pun, dapur sudah selayaknya bersih sehingga proses memasak lebih higienis untuk hasil masakan yang menyehatkan. Untuk mewujudkannya, cara membersihkan perabot dapur perlu diperhatikan sehingga ketika akan digunakan untuk memasak, tak ada kuman atau kotoran yang masih menempel. Bagi Anda yang ingin dapurnya terlihat lebih bersih dan higienis, berikut ini adalah cara-cara mencuci perabot yang bisa Anda lakukan:

  • Menggunakan sabut kawat.

Mungkin ketika Anda memasak pernah menimbulkan noda hangus sehingga wajan terlihat hitam. Untuk membersihkannya hingga bisa kembali seperti semula, gunakan sabut yang kasar terbuat dari kawat. Gosok dengan lebih kuat untuk noda arang yang tebal. Jika perlu lakukan berulangkali hingga wajan benar-benar kembali seperti semula. Noda arang yang digunakan kembali untuk memasak bisa membahayakan dan menimbulkan penambahan resiko zat kanker.

  • Jeruk nipis.

Selain menggunakan sabun pencuci perabot masak, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis untuk lebih mudah menghilangkan noda minyak seperti pada wajan yang habis digunakan untuk menumis. Jeruk nipis bisa langsung diperaskan di tempat sabun sehingga tercampur. Busa pembersih bisa langsung dicelupkan kemudian di gosokkan di wajan yang sebelumnya telah direndam air bersih.

  • Air mengalir.

Mencuci berbagai perabot dapur sebaiknya menggunakan air mengalir ketika membilasnya. Untuk merendam perabot sehingga noda lebih mudah dibersihkan, Anda bisa menggunakan ember cucian, namun untuk pembilasan, usahakan air yang digunakan adalah air mengalir sehingga kotoran tidak kembali ke perabot memasak Anda.

  • Meniriskan cucian.

Sebelum meletakkannya ke tempat penyimpanan, tiriskan terlebih dahulu perabot agar sudah kering ketika disimpan. Jika tidak, maka Anda bisa mengelapnya dengan lap bersih agar perabot lebih cepat kering. Menyimpan perabot dengan rapi di rak tertutup juga menjadi point penting agar perabot bisa tetap bersih ketika akan digunakan kembali.

Tips membersihkan perabot dapur di atas harus dilakukan setiap kali mencuci agar bisa terus mendapatkan perabot yang bersih dan higienis. Gunakan sabun pencuci peralatan dapur yang mengandung cairan anti bakteri sehingga kuman penyakit bisa diminimalisir. Dengan begitu peralatan memasak Anda bukan hanya bersih namun juga sehat dana man untuk dipakai menyiapkan makanan. Selain peralatan dapur, kebersihan dapur juga perlu dijaga dengan cara dibersihkan setiap harinya. Ada baiknya dapur dikenai sinar matahari di pagi hari dengan cara membuka jendela sehingga kuman penyakit bisa mati dan pergantian udara bisa dilakukan dengan lebih baik yang menjadikan udara di dapur tidak lembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *