Tips Belanja Hemat untuk Kebutuhan Bulanan Anda

    HomeTips & Trik Tips Belanja Hemat untuk Kebutuhan Bulanan Anda

Tips Belanja Hemat untuk Kebutuhan Bulanan Anda

admin

Berbelanja bulanan merupakan kegiatan bulanan yang memang biasa dilakukan dalam setiap rumah tangga, untuk memperoleh berbagai kebutuhan yang mereka perlukan. Kebutuhan primer, kebutuhan sekunder bahkan kebutuhan tersier, pastinya akan dimasukkan dalam daftar belanjaan bulanan dalam setiap rumah tangga. Banyaknya kebutuhan yang harus dimasukkan dalam daftar belanja bulanan inilah, yang pada akhirnya mengharuskan kita sebagai pelaku rumah tangga, terutama seorang ibu rumah tangga, harus ekstra ketat dalam melakukan pembelanjaan untuk menyesuaikan pendapatan yang kita miliki. Melakukan sistem belanja hemat pun harus dijalani, agar nantinya dana yang kita miliki dapat menutupi semua kebutuhan yang ada.

Untuk melakukan sistem pembelanjaan hemat ini, bukan berarti kita harus kikir dalam membeli berbagai kebutuhan ataupun menawar berbagai barang belanjaan dengan harga serendah-rendahnya, dimana hal tersebut justru dapat mengakibatkan stigma yang tidak enak dalam diri kita. Bagi Anda seorang ibu rumah tangga, yang memang memiliki daftar kebutuhan belanjaan dengan jumlah yang luar biasa banyaknya, mungkin Anda dapat memanfaatkan berbagai tips pembelanjaan dengan cara hemat berikut ini, agar nantinya semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan mudah.

Berikut ini beberapa tips belanja hemat yang dapat Anda lakukan, antara lain adalah:

  • Buatlah daftar belanjaan dengan detail terlebih dahulu, dan tempatkan kebutuhan primer seperti kebutuhan pangan dan perlengkapan mandi dalam daftar pembelanjaan teratas Anda, sehingga nantinya kebutuhan inilah yang Anda beli terlebih dahulu.
  • Jika Anda melakukan pembelanjaan di supermarket ataupun minimarket yang ada, maka lakukanlah pembelanjaan pada akhir pekan, karena pada saat inilah banyak toko online yang memberikan diskon pembelanjaan.
  • Jika Anda melakukan pembelanjaan di pasar-pasar tradisional, pastikan bahwa Anda mengetahui penjual yang memang menyajikan harga barang termurah, dan jadikanlah penjual tersebut sebagai toko langganan Anda dalam melakukan pembelanjaan bulanan Anda.
  • Pembelanjaan dengan sistem online pun dapat Anda lakukan untuk menghemat dana pembelanjaan yang Anda miliki, dengan catatan bahwa Anda mengetahui promo yang diberikan oleh toko online tempat Anda melakukan pembelanjaan.

Pembelanjaan online pun dapat Anda peroleh dengan harga barang yang lebih murah, jika Anda melakukan pembayaran dengan berbagai sistem dalam perbankan, karena pada umumnya sistem kerja sama dengan berbagai pihak perbankan akan dimiliki oleh berbagai toko online. Selain toko online, supermarket pun memiliki sistem kerjasama dengan perbankan, dengan memberikan cashback ataupun potongan pembelian, jika transaksi dilakukan dengan menggunakan kartu kredit ataupun kartu debit dari bank tersebut.

Mengetahui berbagai promo yang diberikan oleh toko online, supermarket dan minimarket akan dapat memberikan keuntungan yang lebih bagi pembelanjaan Anda, sehingga belanja hemat pun dapat Anda lakukan dengan mudah. Belanjalah hanya untuk item yang memang benar-benar ada dalam daftar kebutuhan Anda, hindari berbelanja hanya karena keinginan Anda semata, yang dapat mengakibatkan pemborosan terjadi dalam diri Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *