Cara Terbaik Menerapkan Belanja Online Gratis Ongkir

    HomeTips & Trik Cara Terbaik Menerapkan Belanja Online Gratis Ongkir

Cara Terbaik Menerapkan Belanja Online Gratis Ongkir

admin

Kegiatan belanja secara online semakin populer di masyarakat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Banyak toko online yang menyediakan berbagai macam kebutuhan. Mulai kebutuhan sehari-hari hingga barang-barang mewah tersedia di toko online. Kemudahan-kemudahan yang tawarkan dalam belanja online ini banyak diminati masyarakat. Tetapi terkadang yang menjadi halangan adalah ongkos kirim atau sering disebut ongkir sehingga pembeli harus mengeluarkan biaya tersendiri selain biaya pembelian barang. Oleh karena itu beberapa toko online menyediakan fasilitas dengan belanja online gratis ongkir.

Beberapa toko online yang menyediakan kemudahan gratis ongkir biasanya memang toko online yang sudah besar dan bekerjasama dengan banyak perusahaan yang memproduksi barang sehingga lebih cepat ketersediaan barang. Diantara toko online tersebut memberikan gratis ongkir di seluruh tempat di Indonesia. Jadi meski tinggal di tempat yang sulit terjangkau pun biaya pengiriman tetap gratis. Mungkin hanya waktu pengiriman saja yang lebih lama apabila tempatnya jauh dan aksesnya lebih sulit. Hal ini menjadi salah satu daya tarik toko online bagi konsumen jarak jauh. Tidak semua belanja online gratis ongkir ternyata dapat menarik minat konsumen, sehingga perlu diperhatikan cara tepat untuk menerapkan cara ini, yaitu:

  1. Terapkan sistem ini untuk jangkauan konsumen yang letaknya jauh. Misalkan produk Anda berada di pulau Jawa, sedangkan konsumen Anda berada di luar Pulau Jawa. Maka cara ini dapat menarik konsumen karena biaya ongkos kirim yang besar akan membuat mereka enggan membeli produk Anda. Mereka tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan selain pembelian produk. Jika diberikan fasilitas gratis ongkir, mereka akan tertarik dengan produk Anda.
  2. Tambahkan biaya ongkos kirim pada produk yang Anda jual. Anda bisa menerapkan cara ini sesuai dengan ongkos kirim pada sasaran pasar Anda. Dengan demikian Anda tetap memperoleh keuntungan meskipun memberikan fasilitas gratis ongkir. Meski harganya lebih mahal, tetapi memperoleh gratis biaya pengiriman tidak jarang konsumen yang tertarik sehingga cara ini sesuai diterapkan bagi konsumen di luar pulau.
  3. Terapkan sistem ini untuk jumlah pembelian tertentu apabila harga jual yang Anda pasang terlalu tinggi. Misalkan konsumen membeli produk Anda sejumlah lebih sari satu, maka berikan fasilitas ini. Dengan demikian produk yang Anda jual akan semakin diminati oleh konsumen.

Beberapa cara belanja online gratis ongkir tersebut dapat Anda terapkan sehingga konsumen semakin tertarik untuk membeli. Anda tidak harus menerapkan sistem tersebut pada semua sasaran pasar Anda. Misalkan target pasar Anda masih berada dalam satu kota, sistem ini bisa saja tidak terlalu menarik. Jadi Anda harus benar-benar memahami kebutuhan pasar Anda sehingga tau mana yang sesuai untuk diterapkan sistem ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *