Tips Memilih Mesin Cuci yang Tepat untuk Penggunaan Rumah Tangga Jangka Panjang

    Home/Tips & Trik / Tips Memilih Mesin Cuci yang Tepat untuk Penggunaan Rumah Tangga Jangka Panjang
Tips Memilih Mesin Cuci yang Tepat untuk Penggunaan Rumah Tangga Jangka Panjang

Tips Memilih Mesin Cuci yang Tepat untuk Penggunaan Rumah Tangga Jangka Panjang

admin

Kegiatan mencuci pakaian adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh semua orang untuk mendapatkan pakaian bersih yang siap digunakan. Dahulu pekerjaan ini sangat membutuhkan tenaga besar dan juga waktu apalagi jika pakaian kotor yang perlu dicuci cukup banyak. Dahulu untuk mencuci baju, peralatan yang bisa digunakan adalah ember dan tenaga manusia, akan tetapi saat ini dengan perkembangan teknologi, sudah ada mesin cuci yang bisa digunakan untuk menggantikan tenaga manusia sehingga lebih cepat dan mudah.

Karena mencuci pakaian merupakan pekerjaan rumah yang rutin dilakukan, banyak produsen alat elektronik membuat produk mesin bantu untuk mencuci. Terdapat 2 jenis yang dikategorikan secara umum yaitu:

  • Satu tabung.
  • Dua tabung.

Mesin dengan satu tabung memungkinkan Anda mencuci pakaian sekaligus mengeringkannya dengan satu tabung yang sama. Sedangkan untuk mesin dengan 2 tabung, Anda harus mengeluarkan pakaian basah yang sudah bersih dan memindahkannya ke tabung pengeringan sebelum bisa dikeringkan. Meski begitu, banyak mesin yang tak bisa mengeringkan dengan maksimal sehingga Anda tetap harus menjemurnya untuk benar-benar kering sempurna.

Mesin Cuci Baru

Kini mesin untuk mencuci yang banyak digunakan adalah jenis satu tabung. Hal ini dikarenakan mesin dengan satu tabung memiliki kapasitas pakaian lebih banyak hingga 10,5 kg. Tanpa terbagi menjadi 2 tabung, kapasitas tabung akan menjadi lebih besar tanpa memperbesar dimensi mesin cucinya. Meski hanya didesain satu tabung namun jenis ini juga bisa mengeringkan asalkan kapasitasnya tak diisi penuh. Misalnya untuk tabung mesin yang berkapasitas 10.5 kg, untuk pengeringan hanya berikan pakaian dengan berat maksimal 6 kg saja sehingga bisa kering.

Mesin cuci bertabung satu masih dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu:

  • Pintu depan.
  • Pintu atas.

Perbedaan keduanya hanya terletak pada pintu untuk memasukkan dan mengambil cucian. Namun hal ini juga berpengaruh pada aliran air dan cara penggunaannya.

Mesin Cuci Lg Baru

Bagi Anda yang saat ini ingin memiliki mesin pencuci agar pekerjaan mencuci baju menjadi lebih mudah dan ringan, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk memilihnya:

  1. Pilih dari merk terpercaya.

    Mesin pencuci merupakan alat elektronik yang sangat penting kualitasnya untuk menjamin keawetan penggunaan. Selain itu mesin ini bisa saja setiap hari digunakan sehingga jika terjadi kerusakan Anda akan mudah mendapatkan spare part dan service centre jika memilih merk yang terkenal.

  2. Sesuaikan model dengan kebutuhan.

    Jika Anda memiliki anak kecil sebaiknya memilih mesin dengan pintu di bagian atas untuk keamanan. Sedangkan jika Anda memiliki bisnis jasa laundry, Anda bisa memilih mesin dengan kapasitas tabung yang cukup besar.

  3. Kebutuhan listrik.

    Penggunaan mesin ini memang tak terlalu banyak memakan daya listrik seperti alat elektronik lain misalnya AC. Namun ada jenis low watt yang juga bisa Anda pilih jika ingin lebih menghemat listrik.

Pilihlah mesin cuci dari merk terpercaya untuk memastikan Anda mendapatkan kualitas dan hasil cucian yang maksimal. Untuk mendapatkannya Anda bisa membeli mesin ini di toko elektronik terdekat. Sebaiknya sebelum membeli Anda melakukan survey jenis dan harganya terlebih dahulu melalui toko online yang menjual peralatan rumah tangga. Selain mesin alat mencuci, Anda juga tetap membutuhkan sabun detergent untuk membantu mengangkat noda saat mesin memutar pakaian. Pastikan Anda tidak memasukkan pakaian melebihi kapasitas tangki dan mengeluarkan benda tajam dari saku agar tidak merusak komponen mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *