Diserang Promo dan Potongan Harga? Tangkal Boros dengan Tips Ini!

    HomeInfo Diskon Diserang Promo dan Potongan Harga? Tangkal Boros dengan Tips Ini!
Diserang Promo dan Potongan Harga Tangkal Boros dengan Tips Ini!

Diserang Promo dan Potongan Harga? Tangkal Boros dengan Tips Ini!

admin

Belanja memang menjadi salah satu aktivitas yang banyak disukai oleh masyarakat. Terlebih kini berbelanja sudah bisa kian mudah dengan adanya sistem belanja online. Di satu sisi, sistem belanja online dan segala kemudahannya memang memberikan beragam keunggulan. Namun di sisi lainnya, dengan belanja yang kini sudah terlalu mudah, maka tingkat konsumtif pun akan bisa meningkat. Bahkan dengan banyaknya promo dan potongan harga yang menggoda menjadikan masyarakat cenderung boros.

Diserang Promo dan Potongan Harga Tangkal Boros dengan Tips Ini!

Pada dasarnya berbelanja merupakan aktivitas yang dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan. Meski demikian banyak orang yang justru kerapkali sulit membedakan antara kebutuhan dan juga keinginan sehingga menjadi terjebak konsumtif dan cenderung boros. Apalagi dengan gempuran promo serta diskon yang terus menerus menyerbu sehingga menjadikan keinginan berbelanja jadi kian besar. Tentunya kontrol diri amat sangat penting dalam hal ini sehingga bisa menjadikan segala kemungkinan untuk konsumtif bisa di tangkal.

Diskon memang menguntungkan, namun terus menerus terjebak diskon justru akan buruk untuk keuangan Anda. Oleh karena itu berikut ini beberapa trik agar bisa menangkal hasrat pemborosan:

  • Buat daftar belanja

Untuk yang pertama adalah dengan membuat daftar belanja terlebih dulu. Daftar belanja ini harus ada sehingga bisa menjadikan Anda lebih terkontrol ketika berbelanja. Coba perhatikan barang apa saja yang harus Anda beli dan barang apa saja yang masih tersedia. Catat semuanya. Dengan adanya daftar belanja, maka pikiran Anda akan cenderung bisa lebih fokus ketika ingin membeli sesuatu sehingga memprioritaskan yang penting lebih dulu.

Tetapkan anggaran

Meski banyak potongan harga yang menggoda di luar sana, namun jika anggaran belanja tak mencukupi, maka apalah daya? Itulah pentingnya menetapkan anggaran dalam berbelanja sehingga Anda bisa mendapatkan barang yang memang dibutuhkan. Setelah buat daftar barang yang akan dibelanjakan, lanjut dengan mengira setiap harga barang dan bawa uang itu saja secukupnya.

  • Bawa uang tunai

Sudah membawa uang secukupnya tapi masih bawa kartu kredit tentunya hasilnya akan sama saja. Untuk itu ada baiknya jika Anda menyerahkan pembelanjaan sepenuhnya pada uang tunai saja. Uang tunai akan membuat Anda lebih terkontrol dalam mengeluarkan uang. Upayakan agar menyimpan kartu kredit untuk kebutuhan yang hanya memang sangat penting saja dan jangan biasakan menggunakan kartu kredit untuk belanja.

 

Baca juga 4 Moment Terbaik Berbelanja untuk Dapatkan Potongan Harga Tinggi

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan sehingga bisa tangkal kebiasaan untuk boros. Belanja dengan adanya potongan harga memang sangat menguntungkan, namun beda jika Anda yang tak bisa mengontrol pengeluaran dan selalu belanja. Untuk itu ada baiknya lebih memikirkan keuangan di jangka panjang sehingga uang untuk pemborosan bisa digunakan untuk kepentingan masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *