Menjadi Penyiar Radio Keren dengan Tips Berikut Ini!

    HomeTips & Trik Menjadi Penyiar Radio Keren dengan Tips Berikut Ini!
Menjadi Penyiar Radio Keren dengan Tips Berikut Ini!

Menjadi Penyiar Radio Keren dengan Tips Berikut Ini!

admin

Radio pernah menjadi perangkat yang sangat keren di masanya. Ya, kenangan tentang berkirim salam syahdu dengan nama samaran kepada sang pujaan hati, menunggu tangga lagu teranyar hingga rasa deg-degan ketika salam terbalaskan menjadi beberapa hal indah di masa lampau. Meski kini perangkat ini sudah tak begitu populer lagi, namun menjadi seorang penyiar tetaplah profesi yang banyak dicari. Tentunya alasannya karena memang banyak yang suka dengan profesi ini.

Menjadi Penyiar Radio Keren dengan Tips Berikut Ini!

Menjadi seorang penyiar, sebetulnya bukan hal yang mudah. Mungkin banyak orang berfikir sangat mudah karena hanya bicara seperti biasa dan memutar lagu saja tugasnya. Namun tidak sesederhana itu karena ada banyak hal yang harus dikuasai oleh seorang penyiar. Beberapa dasar yang harus dimiliki oleh seorang penyiar diantaranya informasi yang update dan banyak, tahu akan musik, memiliki kepribadian yang baik dan unik serta punya vocal yang bagus.

Jika Anda juga memiliki mimpi menjadi seorang penyiar, baik penyiar radio, penyiar acara TV atau apapun juga, maka berikut ini beberapa hal teknis yang wajib Anda ketahui:

  • Artikulasi jelas

Tentunya para penyiar tak hanya bicara dengan sembarangan saja ketika menyiarkan suatu acara melainkan juga harus memiliki artikulasi yang jelas saat membawakannya. Artikulasi yakni kejelasan dalam mengucapkan kata sehingga tidak ada kata yang kurang jelas di telinga pendengarnya. Dalam berbicara sebetulnya pun tak harus cepat, namun yang penting adalah harus jelas.

  • Tahu musik

Hampir semua acara kini sudah berhubungan dengan musik sehingga pengetahuan akan musik seolah adalah hal yang wajib bagi para penyiar masa kini. Musik sendiri bukan hanya sekedar judul lagu saja namun juga jenis musik, genre musik, pembawa lagu hingga penciptanya dan segala hal tentang musik juga wajib diketahui.

  • Mampu menguasai suasana hati

Salah satu tantangan bagi para penyiar adalah untuk bisa selalu membawa suasana hatinya ke arah yang baik. Alasannya adalah para pendengar atau penonton tidak mau peduli dengan kondisi dari penyiar dan yang mereka inginkan hanya puas ketika mendengarkan siaran. Jadi bagaimanapun kondisinya, baik sedih, galau, marah hingga senang tak harus dibawa mengalir ke siaran. Bagaimanapun juga siaran harus tetap jalan bukan?

  • Pengetahuan luas

Jangan kira menjadi penyiar hanya bicara dengan tanpa ada bobot. Hal ini salah sekali karena penyiar pun juga harus punya pengetahuan yang luas. Tak hanya soal musik, namun juga kabar terbaru.

Baca juga Nostalgia Masa Indah dengan Radio yang Selalu Dirindukan

 Sopan santun dalam berbicara juga jadi nilai penting sebagai seorang penyiar. Kini profesi penyiar tak hanya identik dengan radio saja namun juga penyiar berita, penyiar acara TV hingga masih banyak lagi. Kesempatan pun terbuka lebar bagi Anda yang ingin terjun ke dalamnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *