Tips Merawat Mesin Cuci Piring Agar Selalu Bersih  

    Home/Tips & Trik / Tips Merawat Mesin Cuci Piring Agar Selalu Bersih  
Tips Merawat Mesin Cuci Piring Agar Selalu Bersih   

Tips Merawat Mesin Cuci Piring Agar Selalu Bersih  

admin

Setiap tahun teknologi selalu mengalami perkembangan yang signifikan. Adanya perkembangan teknologi selalu dilakukan seiring dengan kebutuhan manusia yang terus meningkat dan berubah-ubah. Perkembangan teknologi tidak hanya di bidang komunikasi dan informasi saja, bahkan sudah mulai merambah ke kebutuhan rumah tangga. Kebutuhan rumah tangga memang sangat tepat dijadikan pasar yang potensial untuk berkembangnya teknologi-teknologi terbaru saat ini, karena akan dibutuhkan hampir di seluruh keluarga di dunia. Salah satu bentuk perkembangan teknologi kebutuhan rumah tangga bisa kita lihat pada mesin cuci piring atau yang biasa disebut juga dengan dishwasher.

Ingin Mesin Cuci Piring Selalu Dapat Bekerja dengan Baik? Ini Dia Caranya!

Seperti halnya alat berteknologi pada umumnya, hadirnya dishwasher bertujuan untuk membantu kerja manusia terutama yang berurusan dengan rumah tangga untuk urusan mencuci piring. Jika dahulu kita perlu mencuci piring satu per satu, saat ini dengan mesin yang satu ini hal itu bisa dilakukan secara bersamaan dengan mudah dan juga lebih efektif dibandingkan mencuci dengan tangan. Dishwasher memang sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat luar negeri, namun di masyarakat Indonesia belum terlalu banyak yang mempunyai mesin canggih yang satu ini.

Mengingat mesin cuci piring sangat berguna untuk membantu urusan rumah tangga, maka sangat penting sebagai pemiliknya harus merawat dengan baik dan benar. Pemakaian secara terus menerus tanpa perawatan dan pembersihan tentu akan membuat mesin tidak tahan lama dan mudah rusak. Belum lagi jika ada sisa makanan dalam mesin yang tidak dibersihkan dengan baik akan sangat beresiko menumbuhkan bakteri penyakit yang mengancam kesehatan keluarga. Untuk itu ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat dishwasher agar tetap terlihat bersih, diantaranya:

Baca Juga : Ingin Mesin Cuci Piring Selalu Dapat Bekerja dengan Baik? Ini Dia Caranya!

  1. Kosongkan terlebih dahulu dishwasher.
  2. Tarik rak dishwasher ke arah luar kemudian cari lubang keluar airnya dan bersihkan area tersebut menggunakan kain bersih.
  3. Lepas penyaring air yang terletak di bagian dalam dishwasher. Bilas menggunakan air bersih serta lap dengan kain bersih kering.
  4. Masukkan secangkir cuka ke dalam dispenser yang berada di dalam dishwasher, kemudian masukkan juga baking soda di piring serta tempatkan di rak bagian paling atas dari dishwasher.
  5. Jalankan dishwasher untuk membiarkan cuka dan baking soda bekerja di dalamnya. Cuka mempunyai zat anti bakteri alami yang sangat berguna untuk membersihkan berbagai peralatan rumah tangga. Sedangkan baking soda memiliki sifat melunakkan kerak ataupun kotoran yang mengendap di dalam mesin cuci piring.
  6. Setelah menjalankan mesin dishwasher selama beberapa saat, matikan dan buka dishwasher. Selanjutnya Anda bisa membersihkannya menggunakan kain bersih maupun spons. Sedikit tips saat membersihkan dishwasher, Anda juga bisa menggunakan sabun pencuci piring yang umumnya dipakai untuk mencuci piring secara manual dengan tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *