Cara Jitu Belanja Hemat Akhir Bulan Bagi Anak Kos

    HomeTips & Trik Cara Jitu Belanja Hemat Akhir Bulan Bagi Anak Kos
Cara Jitu Belanja Hemat Akhir Bulan Bagi Anak Kos

Cara Jitu Belanja Hemat Akhir Bulan Bagi Anak Kos

admin

Akhir bulan merupakan momok sendiri bagi anak-anak kos yang jauh dari orang tua dengan kondisi finansial yang sudah mengering. Inilah akibat dari kurangnya pemahaman dari belanja hemat yang wajib dilakukan, khususnya bagi mereka yang masih mengandalkan uang kiriman orang tua. Hidup yang jauh dari saudara atau orang tua memang tidak mudah, keperluan yang banyak, persediaan habis dan kiriman belum masuk. Ini akan menjadi masalah yang sangat pelik di akhir bulan anak kos-kosan. Bagaimana, pernahkah Anda mengalami hal serupa pada saat pergantian bulan tiba?

Cara Jitu Belanja Hemat Akhir Bulan Bagi Anak Kos

Berbelanja merupakan kegiatan pokok setiap orang, apalagi ketika semua persediaan pangan ataupun kebutuhan lainnya sudah mulai habis. Tetapi yang perlu Anda tekankan sebagai anak kos adalah tetap dapat berhemat dan mempunyai persediaan uang yang cukup sampai dengan akhir bulan. Nah, berikut ini cara jitu berbelanja hemat yang dapat Anda terapkan yaitu:

  • Buat daftar kebutuhan.

Seperti halnya seorang ibu rumah tangga harus mencatat semua keperluan dengan baik, dari mulai yang paling penting, sedang sampai dengan pelengkap. Hal ini sangat penting karena jika tidak pasti kegiatan belanja Anda tidak terkontrol sehingga pengeluaran semakin besar dan akhir bulan kelaparan.

  • Pilih tempat termurah.

Jika memang produk yang diperlukan sama tetapi mempunyai harga yang berbeda dalam dua tempat akan lebih baiknya Anda memilih yang paling murah. Jadi untuk belanja hemat tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Harus ada aturan, pertimbangan terutama pada harga yang ditawarkan.

  • Bawa uang pas.

Berbelanja menggunakan kartu kredit atau menggunakan uang yang lebih banyak merupakan salah satu penyebab Anda lebih boros. Penghematan Anda akan berjalan maksimal jika setiap kali berbelanja menggunakan uang pas tunai. Jika memang untuk berjaga-jaga ketika ada kekurangan lebih baik siapkan dengan perhitungan yang matang.

  • Jangan terlalu banyak berkeliling.

Setelah sampai pada tempat perbelanjaan akan lebih baik jika Anda langsung menuju pada lokasi produk yang akan dibeli. Dan setelah semuanya selesai segeralah baik tanpa terlalu lama berkeliling. Karena dengan puter-puter tersebut besar kemungkinan Anda akan mempunyai lebih banyak keinginan untuk dibeli.

  • Memanfaatkan promo.

Untuk membantu memaksimalkan tujuan Anda berhemat tidak ada salahnya untuk memanfaatkan promo yang ada pada tempat perbelanjaan tersebut.

Baca juga Info Diskon Situs Jual Beli Online untuk Belanja Hemat

Nah, jika tahapan-tahapan diatas dapat Anda lakukan dengan baik dan benar tentunya baik tanggal tua, muda, akhir bulan, ataupun akhir bulan tidak akan bermasalah dengan keuangan. Bagi Anda anak kos yang masih menggantungkan uang kiriman dari orang tua harus terampil dan pandai belanja hemat setiap bulannya. Tetapi untuk mensiasati masalah finansial pada akhir bulan, Anda bisa melakukan penghematan dalam pengeluaran lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *