Cara Mudah Membersihkan Pantat Wajan Penggorengan yang Gosong  

    Home/Tips & Trik / Cara Mudah Membersihkan Pantat Wajan Penggorengan yang Gosong  
Cara Mudah Membersihkan Pantat Wajan Penggorengan yang Gosong   

Cara Mudah Membersihkan Pantat Wajan Penggorengan yang Gosong  

admin

Setelah selesai memakai peralatan dapur untuk kegiatan memasak, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah membersihkan peralatan dapur agar senantiasa bersih dan terawat. Salah satu peralatan dapur yang paling dibenci saat urusan mencuci adalah wajan penggorengan. Alat dapur yang satu ini sering sekali menimbulkan kerak gosong di bagian pantatnya yang seringkali susah untuk dibersihkan. Noda membandel pada pantat wajan disebut juga dengan jelaga. Jelaga yang tidak dibersihkan secara rutin dari pantat wajan akan semakin bertumpuk dan menjadi kerak sehingga tampilan wajan menjadi kurang menarik.

Cara Mudah Membersihkan Pantat Wajan Penggorengan yang Gosong  

Membersihkan pantat wajan dari kerak memang tidak mudah dilakukan jika tidak mengetahui beberapa cara mudah untuk melakukannya. Karena ternyata kerak pada pantat wajan yang menempel dengan pekat ini sangat bermusuhan dengan cuka dan baking soda. Untuk membersihkannya terbilang sangat sederhana, dengan menempatkan wajan pada baskom besar kemudian dituangi dengan air panas dan memasukkan salah satu dari bahan ini. Berikut ini penjelasannya!.

Baking soda.

Dengan bahan dapur yang satu ini Anda tidak perlu repot membeli abu gosok maupun detergen pembersih lain. Dengan campuran antara baking soda dengan sedikit air saja Anda sudah bisa membersihkan kerak pantat wajan penggorengan yang membandel. Baking soda merupakan abrasif ringan yang sangat bagus untuk membersihkan noda maupun kotoran yang susah dihilangkan. Bahan dapur yang satu ini juga terbilang sangat mudah untuk didapatkan di sekitar kita. Selain itu baking soda sebagai detergen alami juga sangat ramah lingkungan. Selain untuk membersihkan kerak, baking soda juga bisa digunakan untuk mencuci pakaian dengan melarutkan bahan ini dengan air cucian pakaian. Selain bisa menghilangkan noda juga akan sangat membantu mencerahkan pakaian yang dicuci. Peralatan dapur lainnya yang bisa dibersihkan dengan baking soda, antara lain lemari es, microwave, serta mesin cuci piring.

Baca Juga : Tips Menata Peralatan Dapur yang Tepat Agar Lebih Terlihat Bersih dan Rapi

Cuka.

Asam cuka sangat dipercaya untuk menghilangkan residu atau sisa pembersih pada bagian pantat wajan. Residu inilah yang menyebabkan bau tidak sedap yang sering muncul bahkan menimbulkan asap saat memasak. Untuk membersihkan kerak pada pantat wajan, Anda bisa menambahkan secangkir cuka dan secangkir baking soda kedalam baskom besar yang sebelumnya telah diisi dengan air dan ditempatkan wajan yang akan dicuci. Aduk hingga tercampur merata dan pastikan bagian pantat wajan penggorengan yang telah berkerak terendam air. Anda bisa menggunakan pemberat agar wajan tidak mengambang saat direndam dalam air. Diamkan wajan dalam rendaman selama semalaman hingga kerak yang menempel pada pantat wajan melunak dengan sendirinya. Setelah itu langkah selanjutnya Anda bisa mencuci wajan menggunakan spons dan sabun pembersih cair. Gosok secara perlahan hingga bersih kemudian bilas dengan air.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *