Mengulas Beberapa Alat Kantor yang Sering Disepelekan Namun Selalu Dibutuhkan

    Home/Ulasan / Mengulas Beberapa Alat Kantor yang Sering Disepelekan Namun Selalu Dibutuhkan
Mengulas Beberapa Alat Kantor yang Sering Disepelekan Namun Selalu Dibutuhkan

Mengulas Beberapa Alat Kantor yang Sering Disepelekan Namun Selalu Dibutuhkan

admin

Baik saat di sekolah atau saat di kantor, butuh alat tulis yang bisa membantu untuk memaksimalkan pekerjaan. Ada jenis alat tulis kantor yang habis dipakai dan ada yang tidak habis dipakai namun memiliki fungsi yang kerap kali disepelekan padahal jika tidak ada alat kantor tersebut, Anda akan bingung sendiri. Pertama adalah penggaris. Penggaris ada yang bentuknya lurus memanjang atau segitiga, bulat ataupun yang lainnya. Walaupun penggaris tersebut dipergunakan berulang kali, namun alat tulis tersebut tidak akan habis digunakan dan diganti kecuali jika penggaris tersebut hilang atau patah atau sudah bergerigi yang menyebabkan Anda sudah tidak nyaman menggunakannya.

Kedua adalah jangka. Jangka merupakan alat untuk menggambar lingkaran. Dengan menggunakan jangka, Anda bisa menggambar lingkaran dengan bentuk yang sempurna dengan besar yang Anda inginkan sesuai dengan panjang jangka tersebut. Alat ini menjadi salah satu alat penting untuk mengukur jarak misalnya pada peta dan untuk navigasi. Ada 2 bagian pada jangka yang 1 memiliki ujung jarum yang lancip sebagai poros dan yang satunya diperuntukkan untuk alat gambar misalnya pensil. Walaupun jangka tidak banyak dipergunakan, namun alat ini punya fungsi vital terutama untuk Anda yang bekerja di bidang konstruksi dan kelautan atau yang berkaitan dengan design dan navigasi.

 Mengulas Beberapa Alat Kantor yang Sering Disepelekan Namun Selalu Dibutuhkan

Ketiga adalah cutter. Alat ini berfungsi untuk memotong kertas atau plastik atau benda lainnya misalnya karet. Untuk pemaksimalan penggunaan cutter, biasanya alat kantor ini digunakan di atas cutting mat agar meja tidak tergores. Cutting mat sendiri merupakan alas potong yang bentuknya lembaran dan umumnya memiliki garis sehingga memudahkan Anda untuk memotong. Cutting mat ini bisa diletakkan di mana saja termasuk di atas meja sehingga tidak menyebabkan meja kantor Anda tersayat.

Keempat adalah stapler. Stapler merupakan alat yang digunakan untuk menyatukan sejumlah kertas sehingga kumpulan kertas tersebut lebih rapi. Stapler tidak akan berfungsi dengan baik jika tidak ada staples yang merupakan isi dari stapler. Jika stapler termasuk alat tulis yang tidak habis pakai, maka staples termasuk alat tulis habis pakai karena hanya bisa digunakan 1 kali.

Alat kantor yang lainnya yang selalu dibutuhkan walaupun fungsinya terlihat sepele adalah:

  • Paper clip yang berfungsi untuk menyatukan sejumlah kertas untuk sementara waktu agar kertas tersebut lebih rapi.
  • Serutan. Ada jenis serutan yang manual dan ada yang elektronik sehingga memungkinkan Anda untuk bisa menyerut pensil ataupun pensil warna dalam jangka waktu yang singkat.
  • Kalkulator. Alat yang menggunakan baterai ini tidak akan habis walaupun berkali-kali digunakan kecuali jika baterai yang digunakan rusak atau habis sehingga kalkulator tidak bisa dipakai kembali.
  • Pelubang kertas untuk melubangi dokumen yang akan disimpan sebagai arsip.

Baca juga 4 Tips Temukan Harga Laptop yang Berkualitas Baik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *