Tips Mudik Nyaman dan Aman Dengan Kereta Api

    Home/Tips & Trik / Tips Mudik Nyaman dan Aman Dengan Kereta Api
Tips Mudik Nyaman dan Aman Dengan Kereta Api

Tips Mudik Nyaman dan Aman Dengan Kereta Api

admin

Salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang tak boleh ketinggalan menjelang hari raya Idul Fitri adalah mudik. Untuk melakukan perjalanan mudik biasanya banyak orang yang memilih menggunakan kendaraan pribadi tetapi ada juga yang memilih transportasi umum yaitu kereta api. Sebab transportasi yang satu ini kini dibuat lebih nyaman dan bersih sehingga membuat penumpang bisa merasakan keamanan dan kenyamanan selama di perjalanan. Harga tiket kereta juga cukup terjangkau sehingga cocok untuk menemani perjalanan mudik anda.

Bagi anda yang berencana ingin melakukan perjalanan mudik menggunakan kereta sebaiknya persiapkan jauh-jauh hari tiket anda. Sebab menjelang mudik biasanya tiket tersebut akan lebih cepat habis diburu oleh para calon penumpang. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan tips mudik nyaman dan aman menggunakan kereta api  yang perlu anda ketahui.

Tips Mudik Nyaman dan Aman Dengan Kereta Api

  1. Segeralah Print Tiket Jika sudah Memiliki Nomor Booking
    Bagi anda yang memesan tiket secara online dan sudah membuat nomor booking sebaiknya segera lakukan print tiket. Hal ini disebabkan ketika musim mudik tiba akan banyak calon penumpang yang berjubel memenuhi stasiun sehingga membuat anda harus mengantre lama dan panjang untuk print tiket.  Untuk mencegah hal ini silakan segera print tiket agar anda tak perlu berdesakan untuk print tiket.
  2. Membawa Barang Secukupnya
    Perlu anda ketahui bahwa PT KAI memberikan batasan barang bawaan yang dibawa oleh penumpang yaitu maksimal 20 kilogram. Dengan demikian sebaiknya jika anda mudik menggunakan kereta api jangan membawa barang bawaan yang sangat banyak. Sebab jika barang yang anda bawa terlalu banyak akan mempersulit gerak anda saat akan naik dan turun dari kereta. Barang bawaan yang berlebihan juga akan dikenai biaya tambahan jika bebannya melebihi 20 kilogram.
  3. Jangan Berlebihan
    Sebagai antisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya anda menggunakan pakaian dan perhiasan dengan tidak berlebihan. Sebab jika anda terlihat terlalu berlebihan maka bisa mengundang tindak kriminal.
  4. Datang Sesuai dengan Jadwal
    Saat musim mudik tiba, sebaiknya datanglah ke stasiun sesuai dengan jadwal keberangkatan kereta api yang akan anda tumpangi. Meskipun saat ini sudah diberlakukan satu tiket untuk satu tempat duduk tetapi untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang yang membuat stasiun berjubel sebaiknya datanglah ke stasiun sesuai jadwal atau setidaknya 2 jam sebelum keberangkatan dan jangan terlalu jauh dari jadwal keberangkatan.
  5. Membawa Identitas Diri
    Ketika akan memasuki ruang tunggu di stasiun biasanya anda harus mencetak boarding pass lalu gunakan boarding pass dan kartu identitas anda untuk masuk ke ruang tunggu stasiun. Kartu identitas ini akan digunakan untuk mengecek apakah nama yang tertera pada boarding pass dan KTP sudah sesuai.

Itulah penjelasan mengenai tips mudik aman dan nyaman menggunakan kereta api yang bisa menambah wawasan anda. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *