5 Cara Mudah Menghemat Tagihan Listrik

    Home/Ulasan / 5 Cara Mudah Menghemat Tagihan Listrik
5 Cara Mudah Menghemat Tagihan Listrik

5 Cara Mudah Menghemat Tagihan Listrik

admin

Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring perkembangan zaman membuat Anda dituntut untuk selalu menggunakan alat-alat elektronik yang menggunakan daya listrik sebagai tenaga utama untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Jika tak pandai dalam mengatur penggunaan listrik untuk kebutuhan sehari-hari, maka Anda harus mengeluarkan banyak uang hanya untuk membayar tagihan listrik. Berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan di rumah Anda untuk menghemat listrik.

5 Cara Mudah Menghemat Tagihan Listrik

Matikan Lampu Pada Pagi dan Siang Hari

Agar lebih mudah, coba terapkan peraturan di rumah Anda di mana lampu pada pukul 06.00 hingga 16.00 dilarang untuk dinyalakan. Sebagai gantinya, Anda bisa membuka semua tirai serta daun jendela di semua ruangan demi menjaga pencahayaan tetap baik pada pagi hari. Selain menjaga ruangan tetap terang, udara di dalam rumah Anda juga akan terasa sejuk. Tutup kembali jendela pada siang hari, pasalnya pada saat itu udara diluar mulai terik.

Gunakan Fast Charging

Jika Anda termasuk orang yang terbiasa mengisi ulang daya peralatan elektronik semalam suntuk, mulai saat ini hindarilah kebiasaan tersebut. Bukan hanya boros listrik, mengisi daya dalam waktu lama justru bisa merusak peralatan elektronik. Sebagai Solusinya Anda bisa membeli fast charging tools yang saat ini sudah tersedia di pasaran. Alat ini bisa digunakan untuk mengisi daya peralatan elektronik Anda dalam waktu yang cukup singkat.

Matikan AC Saat Suhu Ruangan Mulai Dingin

Tahukah Anda jika menggunakan AC semalam suntuk justru membuat tagihan listrik semakin boros. Sebagai solusinya, mulai saat ini biasakan untuk mematikan AC sekitar pukul 2 atau 3 dini hari. Biasanya pada saat itu suhu ruangan akan turun dengan sendirinya. Tempatkan remote AC di tempat yang mudah Anda jangkau, atau jika perlu pasang alarm untuk mengingatkan Anda. Cara ini memang butuh perjuangan yang cukup keras lantaran harus melawan rasa kantuk.

Ganti Lampu Biasa dengan Lampu LED

Lampu LED sendiri dikenal sebagai salah satu jenis lampu yang bisa menghemat penggunaan listrik hingga 90 persen lantaran hanya membutuhkan besaran daya yang jauh lebih kecil. Lampu LED bisa Anda gunakan untuk beberapa tempat di rumah Anda yang membutuhkan penerangan sepanjang malam seperti teras rumah, teras balkon, serta lampu yang berada di area taman.

Baca juga Keuntungan Menggunakan Voucher Listrik

Cabut Semua Alat Elektronik Saat Tidak Digunakan

Kebiasaan tetap membiarkan kabel daya peralatan elektronik masih tertancap ke stop kontak meski tak lagi digunakan justru akan membuat boros penggunaan listrik. Pasalnya hampir setiap elektronik yang ada saat ini akan tetap mengonsumsi daya meski tak lagi digunakan jika kabelnya masih tertancap ke sumber listrik. Jadi mulai saat ini biasakan untuk mencabut kabel daya peralatan elektronik Anda seperti charger, televisi, komputer, pemutar video, dan alat-alat elektronik lainnya. Cara ini ternyata cukup ampuh untuk menghemat tagihan listrik Anda hingga 30 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *